Sukses

Mengatasi Diare

02 Dec 2013, 19:39 WIB
Pria, 21 tahun.
terimakasih sudah membacanya kemarin saya udah tanya tentang perut kambung dan begah ,tu di karenakan saya sebelum sakit itu saya makan kenyang lalu saya tarik nafas dan saya tekan2 di bagian berut dan tulang iga lalu terasa lemas dan ingin pingsan,udah saya priksakan ke dr.s.pd katanya saya kena asam lambung, pertanya an saya,kenapa sampai sekarang perut saya masih terasa begah dan kambung,dan sebelumnya BAB saya sedikit ,sekarang kok malah BAB malah terus menerus dan bentuknya bukan padat tapi berbentuk cairan kadang keluar kayak busa2 kalo lemas dan ingin pingsan udah hilang dok.? kalo periksa lebih lanjun itu photo sinar x apa usg lebih tepatnya? terimakasih salam indonesia sehat sejahtera
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda ada beberapa hal yang perlu ditanyakan:

  • Sejak kapan Anda diare?
  • Berapa kali Anda diare dalam sehari?
  • Apakah Anda selalu diare setelah makan?
  • Apakah ada hubungan antara nyeri perut dengan pola makan? (nyeri ketika lapar atau justru sesudah makan, nyeri ketika makan pedas, dll)
  • Di lokasi mana nyeri perut Anda? Seperti apa rasanya nyeri perut tersebut? (ditusuk-tusuk, mulas, diremas)
  • Adakah keluhan lain seperti demam, mual, muntah, kembung?
  • Apakah Anda minum obat untuk mengurangi keluhan? Bila iya obat apakah itu dan apakah keluhan berkurang setelah minum obat tersebut?

Diare adalah peningkatan jumlah (tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari) , persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan). Konsistensi tinja yang cair yang menjadi karakteristik diare biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Diare kronik dapat menjadi tanda adanya kelainan yang lebih serius, seperti adanya infflamatory bowel disease. Diare dapat menyebabkan kehilangan cairan dan elektrolit yang cukup signifikan. Kebanyakan diare akan sembuh sendiri tanpa pengobatan. 

Jika keluhan diare Anda sudha cukup mengganggu dan tidak dapat diatasi dengan pengobatan biasa maka Anda sebaiknya mengunjungi dokter. Mungkin diperlukan pengobatan antibiotik yang harus diberikan dengan pengawasan dokter. Dokter juga akan menentukan apakah diperlukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan tinja atua lainnya setelah pemeriksaan fisik. Jangan lupakan untuk memperhatikan kebersihan makanan yang Anda konsumsi dan juga menjaga agar asupan cairan tidak berkurang.

Demikian informasi yang dapat diberikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar