Sukses

Gigi Sakit Ketika Mengunyah

20 Oct 2014, 10:42 WIB
Pria, 18 tahun.
kalau gigi sebelah kanan sakit kalau makan yang besifat keas itu kaena apa dok, dan bedaah kalau sikat gigi itu uga kenapa ? apa gigi yang sakit itu bisa di sembuhkan dan kekuatan gigi tesebut kembali lagi untuk tidak measakan sakit kalau makan yang keas" ?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Saudara.

 

Sebelum membahas lebih lanjut pertanyaan Saudara, perlu diinformasikan beberapa hal yang terkait keadaan tersebut antara lain, apakah ada gigi yang berlubang? apakah terdapat karang gigi disekitar gigi yang sakit tersebut?

Apabila pada gigi Saudara terdapat lubang/karies pada permukaan kunyah gigi tersebut maka bila makanan masuk dan tersangkut dapat menimbulkan rasa nyeri. Kemungkinan lainnya adalah karena adanya gigi yang tidak berkontak dengan baik dengan gigi sebelahnya, atau tonjol gigi lawan yang jatuh tepat di tengah antara dua gigi, sehingga saat mengunyah ada makanan yang mendesak masuk di antara dua gigi dan mendesak gusi. Jadi rasa sakit sebenarnya karena gusi yang terdesak makanan yang terjebak dan hanya bisa dikeluarkan dengan bantuan dental floss. Adanya makanan yang terjebak di antara dua gigi ini juga dapat menyebabkan bau mulut.

Selain itu, peradangan pada jaringan periodontal (jaringan pendukung gigi) juga dapat menimbulkan nyeri. Peradangan ini bisa terjadi akibat akumulasi karang gigi atau karena adanya karies yang sudah menjalar ke akar dan jaringan periodontal. Peradangan pada gusi dapat menjadi penyebab adanya darah pada saat menyikat gigi karena gusi yang meradang mudah berdarah, dan peradangan ini disebabkan oleh penumpukan plak atau bisa juga karena penumpukan karang gigi.

Untuk dapat lebih memastikan apa penyebab dari keadaanyang Saudara alami ini lebih baik jika dilakukan pemeriksaa secara langsung.

Demikian informasi yang dapat Saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani.

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar