Sukses

Tanda Kehamilan

06 Dec 2013, 13:43 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dok,sy mau tany..ciri2 org hamil apa yaa..slain telat haid..pa misal payudara terasa sakit ato sdkt nyeri d daerah perut bawah.. Gmn cara cepat hamil yaa dok..terima kasih..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Tanda kehamilan awalnya ditandai dengan telatnya periode menstruasi dan diikuti dengan tanda-tanda lainnya seperti pembesaran dan nyeri pada payudara, sering berkemih. Namun tanda pasti kehamilan ditunjang dengan pemeriksaan laboratorium untuk melihat peningkatan hormon hCG (atau test pack) dan melalui USG untuk melihat jabang bayi. Tes pack lebih baik dilakukan pada pagi hari saat bangun tidur, dan memiliki sensitivitas yang tinggi. Tes ini dapat mendeteksi kehamilan meskipun terlambat haid 1 hari. 

Sedikitnya 85% pasutri akan hamil dalam masa 12 bulan menikah. Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

  • Lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas)

 

Jika setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2 - 3x/minggu) selama 1 tahun tanpa menggunakan kontrasepsi, kehamilan belum juga terjadi berarti sudah memenuhi kriteria infertilitas primer - ada kemungkinan terdapat masalah dalam hal kesuburan. Untuk itu, harus dicari penyebabnya dari pihak ayah dan ibu.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar