Sukses

Ciri Serangan Jantung

19 Oct 2014, 04:18 WIB
Pria, 30 tahun.
Selamat Pagi Dokter,saya sering merasakan sakit di dada sebela kiri terutama saat tidur dimalam hari. Terasa seperti ditarik dan sakitnya hanya sekitar 1 sampai 2 menit kemudian terasa seperti agak sakit dan pegal. Sakit tsb saya rasakan ketika saya bermain badminton pada tahun 2011, dimana hampir selama satu malam saya merasa dada sebela kiri saya sakit. Saya telah memeriksakan diri ke dokter setiap 6 bulan sekali sejak tahun 2011 dan terakhir saya periksa pada bulan Agustus 2013.Setiap kali pemeriksaan selalu dilakuakn ECG dan dokter menyatakan bahwa Jantung Saya Sehat, sakit yang timbul mungkin disebabkan oleh otot di sekitar dada. Dokter tidak memberikan obat dan menyatakan bila sakit mengganggu baru akan diberikan obat.Saya ingin menanyakan apakah ECG cukup akurat untuk pemeriksaan jantung ? bagaimana ciri ciri serangan jantung ? Pakah sakit jantung sering kita rasakan waktu tidur di malam hari ? Sebagai informasi ketika berusia 14 tahun (1997)saya perna mengalami kecelakaan, dada saya sebelah kiri terkena stang sepeda motor dan luka. Saya sempat merasakan sakit selama 1 minggu diarea tsb, namun satu minggu kemudian sampai tahun 2011 saya tidak pernah merasakan sakit, walaupun berolah raga. Terimakasih dokter.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Keluhan nyeri dada kiridapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan jantung, gangguan otot atau tulang, paru-paru, saluran pencernaan atau psikologis. Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. 

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual. Bagaimana dengan Anda? Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti parasetamol atau obat antiinflamasi lain.

EKG (Elektrokardiografi) merupakan pemeriksaan dasar untuk mengetahui kelainan pada jantung. Untuk kasus penyumbatan, EKG dapat mendeteksi bila ada iskemia otot jantung (kekurangan oksigen) ataupun infark otot jantung (kematian otot jantung) yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah. Dengan EKG treadmill, sensitivitas dan spesifisitas untuk mendeteksi kelainan sumbatan kira-kira 75-85%. Apakah Anda pernah melakukan pemeriksaan EKG treadmill?

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar