Sukses

Penyebab Batuk Darah

18 Oct 2014, 19:17 WIB
Pria, 22 tahun.
maaf dokter sya ingin berkonsultasi, saya sering beraktifitas dari pagi sampai sore & kadang lembur, kalau terlalu capek saya sering sakit, awalnya sakit panas disertai batuk brdahak, ketika batuk tenggorokan & dada saya suka sakit seperti ditusuk2 pake jarum, bahkan setelah batuk kadang dahaknya campur sedikit darah. saya bukan pecandu rokok tetapi kenapa batuk yang diderita saya seprti gejala batuk perokok? apakah gejala yang saya alami itu termasuk gejala TBC/penyakit paru2 dok? wlwwpun saya sedang batuk tapi badan saya terasa bugar2 saja? dan saya sudah konsultasi pada ibu bidan, kata ibu bidan sya tdk menderita penyakit TBC tapi saya masih penasaran sebenarnya penyakit apa yang saya derita sampai2 batuk berdahak campur darah.? terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan batuk?

Terkait batuk darah yang Anda alami, apakah batuk darah tersebut banyak jumlah darahnya? Berapa banyak jumlah darah pada saat Anda batuk? Apakah darah muncul pada saat batuk atau pada saat muntah atau bersamaan dengan tersedak? Apakah terdapat dahak bersama dengan darah? Apakah Anda seorang perokok?

Batuk darah dapat disebabkan oleh banyak hal, yaitu:
1. Infeksi Tuberkulosis Paru (TBC Paru)

2. Infeksi paru (bronkitis, penumonia)

3. Kanker paru

4. Edema paru karena adanya masalah pada jantung

5. Iritasi saluran napas karena batuk yang terlalu keras

6. dll.

Selain itu, batuk darah juga perlu dikonfirmasi apakah dari saluran pernapasan atau merupakan darah dari saluran cerna. 

Untuk itu, sebaiknya Anda perlu mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik langsung. Dokter juga mungkin memerlukan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen paru dan pemeriksaan darah. Setelah pemeriksaan lengkap, dokter dapat menyimpulkan kondisi kesehatan Anda dan mendiskusikan dengan Anda pilihan penanganan yang paling sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar