Sukses

Sperma Membuahi Ovum

18 Oct 2014, 13:06 WIB
Pria, 34 tahun.
Selamat Siang Dok, Seorang pria dengan riwayat pernah operasi pengangkatan 1 testis sebelah kanan dikarenakan tumor (setelah operasi tidak melakukan penyinaran untuk mematikan sisa yang ada, diganti dengan mengkonsumsi kunir putih sebagai alternatif) dan seorang perokok, apakah bisa mempunyai anak/spermanya bisa membuahi..? Tolong suggest untuk apa saja yang harus dilakukan dan apa yang harus dikonsumsi..? Terima kasih sebelumnya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,

 


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bila ditanyakan apakah sperma tersebut mampu membuahi ovum, tentu perlu dilakukan pemeriksaan analisis semen (cairan ejakulasi). Dari pemeriksaan tersebut akan dinilai apakah jumlah cairan ejakulasi cukup, jumlah sperma, pergerakan sperma, bentuk sperma, dan sebagainya. Pemeriksaan tersebut dapat dilakukan di rumah sakit. Bila pemeriksaan normal, maka tentu sperma tersebut dapat membuahi ovum (sel telur). Oleh karena itu, kami menyarankan agar dapat dilakukan pemeriksaan analisis semen. 

Selain itu penting juga untuk menghentikan kebiasaan merokok karena dapat menyebabkan impotensi dan gangguan kesehatan yang lainnya.  Berikut kami sertakan artikel terkait kesuburan pria:

Kesuburan Pria Juga Tergantung Asupan

Dongkrak Kesuburan Pria dengan Sayuran

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)



Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar