Sukses

Keguguran, Kuret, Kehamilan

29 Nov 2013, 17:42 WIB
Wanita, 28 tahun.
apakah ketika keguguran dan tidak di kuret memperngaruhi blm hamil sampai sekarang??
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Perlu dipastikan terlebih dahulu apakah keguguran yang waktu itu terjadi sudah keluar semuanya dari rahim atau belum. Apakah saat ini ada keluhan? Sudah berapa lama Anda menikah?

Menurut penelitian, sedikitnya hanya sekitar 85% pasangan suami istri yang akan hamil dalam satu tahun pertama pernikahan dan 92% pada tahun kedua pernikahan. Seseorang baru dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan) apabila telah memenuhi kriteria berikut, yaitu : belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi.

Apabila telah memenuhi kriteria infertilitas primer di atas, maka perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk mencari penyebabnya, baik dari pihak suami maupun istri. Jika Anda sudah menjalankan pemeriksaan USG rahim, terdapat pemeriksaan lain seperti HSG ataupun kadar hormon. Namun tentunya kedua jenis hormon tersebut dilakukan jika diperlukan dan jika dicurigai adanya kelainan yang mengarah kesana. Selain Anda, suami Anda juga perlu menjalani beberapa pemeriksaan seperti anatomi organ reproduksi dan analisis sperma. Pemeriksaan analisis sperma dapat menjadi acuan informasi mengenai kesehatan sperma. Apakah Anda sudah pernah memeriksakan diri? Apakah suami Anda sudah pernah menjalani pemeriksaan sperma?

Selain beragam pemeriksaan untuk mengetahui kesehatan organ reproduksi Anda dan suami, tentunya yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 


    0 Komentar

    Belum ada komentar