Sukses

Vaksin BCG & Panduan Makan Bayi

30 Nov 2013, 15:40 WIB
Wanita, 26 tahun.
saya mau tanya dok tentang masalah kesehatan bayi,anak saya sih baru 3bln tapi aku ingin menambah wawasan and aku lagi bimbang tentang kesehatan bayi dan mpasi bayi. 1.apakah benar jika suntikan bcg itu harus nimbul trus keluar nanah dan berbekas?klo tidak harus diulang suntik bcg lagi? 2.sejak kapan anak diberikan buah-buahan or jus? 3.saya baca artikel katanya anak mpasinya tidak boleh dikasih garam,gula,penyedap rasa dll? trims klik dokter
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Salam Saya untuk buah hati Anda.

Berhasil tidaknya vaksinasi BCG tidak ditentukan oleh adanya benjolan di tempat suntikan atau adanya luka di bekas suntikan. Anda dapat memastikan keberhasilan vaksinasi BCG dengan melakukan tes tuberkulin. Hasil uji tuberkulin yang positif menunjukkan bahwa tubuh telah bereaksi terhadap vaksin yang diberikan.

Selain ASI,  pada anak usia 6 bulan ke atas Anda sudah mulai dapat memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) dari mulai yang cair, halus hingga yang lebih padat. Misalnya seperti susu formula, buah-buahan yang dihaluskan, bubur susu ataupun nasi tim yang disaring.

Ketika Ibu sudah mulai menambahkan makanan pendamping ASI, garam dan gula sudah boleh mulai ditambahkan agar anak mulai belajar mengenal rasa. Tentu saja dengan takaran yang disesuaikan dengan porsi anak. Sedangkan untuk penyedap rasa sebaiknya tidak diberikan pada anak.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengakses artikel-artikel berikut ini:

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar