Sukses

Jumlah & Kesehatan Sperma

29 Nov 2013, 16:34 WIB
Pria, 27 tahun.
bagaimana cara agar dapat mengetahui kecepatan sperma setelah berhubungan intim dan kualitas sperma yang layak untuk membuahi..terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Untuk mengetahui kondisi sperma tidak dapat hanya ditentukan dari kondisi cairan mani, perlu dilakukan pemeriksaan sperma untuk mengetahui jumlah dan kesehatannya. 

Parameter pengukuran sperma atau lebih dikenal dengan analisis sperma ditentukan berdasarkan jumlah, motilitas atau pergerakan, morfologi atau bentuk sel sperma, volume, kadar fruktosa, dan pH.

Jumlah sperma yang normal berkisar 20 juta sperma/ml. Pergerakan sperma yang baik minimal 60% dari jumlah keseluruhan. Morfologi atau bentuk sel sperma yang normal minimal 30% dari keseluruhan. Volume semen  yang dikategorikan normal minimal 2 ml. Kadar fruktosa di dalam semen minimal 3 mg/ml dengan pH 7,2 - 7,8. Yang terakhir adalah likuofaksi atau proses denaturasi atau pemecahan protein dan mengakibatkan semen menjadi cair, kondisi ini sebaiknya berlangsung kurang dari 20 menit. Apabila lebih dari 30 menit maka mengindikasikan adanya infeksi.

Jadi berdasarkan keterangan di atas memang analisis kualitas dan kuantitas semen tidak melibatkan kekentalan dan perlu dilakukan pemeriksana laboratorium untuk mengetahuinya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter


 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar