Sukses

Keputihan pada Ibu Hamil

29 Nov 2013, 16:22 WIB
Wanita, 34 tahun.
dokter saya seorang ibu usia 34 thn,saya positif hamil 6 minggu,keluhan saya sering sakit di atas vagina dan keluar cairan keputihan dan sekarang menjadi berwarna hijau..keputihan sudah berlangsung lama akhir2 ini berwarna hijau..dua hr kemaren saya keluar pendarahan spontan tp hanya 1 hari itu saja...dan sampe skrg nyeri diatas sebelah kanan vagina semakin sering..apakah saya terkena kanker serviks,apakah yg memiliki kankers serviks beresiko tinggi bila hamil? apakah saya bisa melanjutkan kandungan saya? dan apa saja resikonya? trima kasih sebelumnya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelumnya saya ucapkan selamat atas kehamilan Anda. Saya memahami kekhawatiran Anda.

Pada saat hamil akan terjadi pengeluaran cairan vagina yang lebih banyak daripada biasanya yang disebabkan karena adanya perubahan hormonal selama kehamilan. Selama bentuk cairan vagina tersebut berwarna bening atau putih susu, tidak berbau, tidak terasa gatal, itu adalah hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun jika keputihan yang Ibu alami berwarna kehijauan, adanya perdarahan dan adanya nyeri vagina yang mengganggu seperti saat ini, harus dipikirkan bahwa itu bukanlah keputihan yang normal terjadi pada wanita hamil. Ibu harus memeriksakan keadaan ibu ini kepada dokter spesialis kandungan tempat ibu melakukan antenatal care (ANC) agar dapat segera diketahui penyebabnya, diterapi dengan tepat dan sedini mungkin. Keputihan yang berlangsung terus menerus tanpa pengobatan yang tepat selama kehamilan dapat menimbulkan berbagai komplikasi selama kehamilan, seperti ketuban pecah dini, bayi lahir prematur, infeksi cairan amnion dan lain sebagainya.

Jika diketahui penyebabnya dan dapat diberikan terapi yang tepat, keputihan ini dapat sembuh sempurna dan tidak membahayakan kehamilan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar