Sukses

Perhitungan Masa Subur

29 Nov 2013, 16:07 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dok,maaf saya tanya lg mengenai program kehamilan siklus menstruasi saya adalah sebagai berikut: - Bln Juli - Agustus = siklus haid 36 Hari - Bln Agustus - September = siklus haid 32 Hari - Bln September - Oktober = siklus haid 32 hari - Bln Oktober - Nopember = siklus haid 27 hari (seharusnya saya haid tgl 25 Nopember andai siklus saya tetap 32 hari tapi pada bulan nopember ini saya haid tgl 20 Nopember,maju 5 hari dari tgl perkiraan dan saya hitung siklus haid 27 hari) yang saya tanyakan: 1. bagaimana cara menghitung masa suburnya dok??karena saya bingung siklus saya maju mundur? 2. apakah dengan siklus yang saya jabarkan diatas termasuk normal apa tidak dok?? dan apa yang harus saya lakukan dok? sekian pertanyaan dari saya..terima kasih...sukses terus untuk dokter di Indonesia.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai siklus haid yang terkadang suka terlambat atau maju 3-7 hari karena lamanya siklus haid memang dapat berbeda-beda dan hal ini dipengaruhi oleh sistem hormon di dalam tubuh. Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-7 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. Jika siklus haid terjadi diluar batas-batas normal yang telah disebutkan diatas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan hal ini perlu dievaluasi lebih lanjut.

Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya.Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir,misalkan pola menstruasi seseorang dari Januari hingga April adalah 31 hari, 28 hari, 33 hari. Kemudian dibuat rata-ratanya. Karena rata-ratanya menghasilkan 31 hari, maka masa suburnya (ovulasi) akan terjadi pada 15-16 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya. 

Masa subur Anda dapat dihitung sebagai berikut:

36 + 32 + 32 

__________ = 33

        3

33 hari dibagi 2, maka masa subur akan terjadi pada sekitar 16-17 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya. 


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 

 

    1 Komentar