Sukses

Mulut kering (xerostomia)
29 Nov 2013, 11:39 WIB
Wanita, 26 tahun.
Selamat siang dok,6 bulan sebelum nya saya terkena gangguan kecemasan,namun kini berangsur sehat.Saya juga sempat mengalami gangguan di bagian ginjal yakni setiap kencing itu berbuih,namun sekarang sudah membaik.Yang ingin saya tanyakan,sekarang saya mempunyai keluhan mulut terasa kering dan sering merasa haus. beberapa waktu yang lalu gusi saya berwarna pucat dan terlihat seperti serabut syaraf nya.pernah beberapa kali,setiap bangun tidur saya merasa ada bau anyir darah di dalam mulut,setelah saya berludah,warna ludah saya agak kemerahan seperti bercampur dengan darah padahal tidak ada luka di dalam mulut saya.Saya harus bagaimana ya dok?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Saudari.

 Kondisi mulut yang kering disebut xerostomia, dan umumnya berhubungan dengan penurunan produksi saliva, atau produksinya normal tapi terjadi penurunan aliran saliva. Penyebabnya ada beberapa kemungkinan, pasien penderita kanker yang menerima terapi radiasi pada daerah leher dan kepala, penderita Sjogren sindrom, penderita penyakit-penyakit sistemik, penderit penyakit yang menyerang kelenjar liur, atau pasien yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat mengalami xerostomia, selain itu stress juga sering dikaitkan dengan xerostomia. Dan yang perlu Saudari ketahui bahwa xerostomia juga terjadi pada orang yang mengalami kecemasan atau dalm kondisi yang tegang.

 Mengingat kondisi rongga mulut Saudari yang selain mengalami  xerostomia juga mengalami gangguan gusi serta terdapat darah dalam air liur maka sebaiknya Saudari berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi agar dapat diperiksa secara klinis dengan anamnesa (wawancara lengkap) riwayat kesehatan selama ini, baik kesehatan lokal (gigi mulut) maupun sistemik (seluruh tubuh secara umum). Dapat juga Anda berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis penyakit mulut (drg. Sp.PM) untuk memastikan fungsi kelenjar saliva dan aliran saliva Anda. Sementara itu, perbanyaklah minum air putih (usahakan yang diperbanyak adalah minum air putih, jangan minuman berwarna) untuk membantu mengatasi kondisi mulut kering, atau mengunyah permen karet bebas gula atau bisa juga yang mengandung xylitol.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar