Sukses

Tumbuh Kembang di Usia 3- 6 Bulan

18 Oct 2014, 06:25 WIB
Wanita, 26 tahun.
dok anak saya berusia 4 bulan tpi kok belum bisa tengkurap sekarang beratnya sudah 6,4 kg.apakah pijet mempengaruhi gerak motorik anak jikalau anak sering dipijet maka akan cepat tengkurap,dan knp ya dok anak saya sering bisulan apa karna sy sering makan ayam dan telor dan ikan2 lain ,?terima kasih
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

 Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Salam saya untuk buah hati Anda dan keluarga. Saya memahami kekhawatiran Anda. Secara medis gerakan memijat tidak ada hubunganya dengan tumbuh kembang si buah hati. Berdasarkan grafik pertumbuhan dan perkembangan anak seperti yang tercantum dalam Kartu Menuju Sehat (KMS), seorang anak mulai belajar mengangkat kepala dengan tegak pada posisi telungkup pada usia 3-6 bulan.

Pada rentang usia 3-6 bulan, seorang anak pada umumnya sudah mampu melakukan:

  • Berbalik dari telungkup ke telentang
  • Mengangkat kepala setinggi 90º
  • Mempertahankan posisi kepala tetap tegak dan stabil
  • Menggenggam pensil
  • Meraih benda yang ada di dalam jangkauannya
  • Memegang tangannya sendiri
  • Berusaha memperluas pandangan
  • Mengarahkan matanya pada benda-benda kecil
  • Mengeluarkan suara gembira bernada tinggi atau memekik
  • Tersenyum ketika melihat mainan / gambar yang menarik saat bermain sendiri. 

Bagaimana dengan anak Anda? Apakah hal-hal lainnya sudah bisa ia lakukan? Jika belum juga bisa mengangkat kepala dan tengkurap sedangkan hal-hal lain ada yang sudah dicapai maka masalahnya merupakan kurangnya stimulasi.

Jadi saat ini yang perlu Anda lakukan adalah memberikan stimulasi yang sesuai agar anak Anda mau belajar untuk menegakkan kepalanya, misal dengan meletakkannya dalam posisi telungkup kemudian memberikan stimulasi mainan di hadapannya dengan posisi agar anak dapat belajar mengangkat kepalanya. Apakah anak Anda mau menegakkan kepalanya setelah distimulasi?

Namun, saran dari dokter anak Anda untuk membawa anak Anda ke klinik tumbuh kembang tidak ada salahnya untuk dilakukan agar dokter dapat melakukan evaluasi menyeluruh mengenai kondisi kepala anak Anda. Adanya masalah lain yang lebih serius harus dikonfirmasi dengan pemeriksaan langsung dengan beberapa tes.

Mengenai bisul yang Anda tanyakan dapat di lihat di tautan berikut 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 

    0 Komentar

    Belum ada komentar