Sukses

Jangan Berobat ke Tukang Gigi

28 Nov 2013, 11:42 WIB
Wanita, 20 tahun.
Dok, bagaimana menurut pendapat dokter tentang kehadiran tukang gigi yang tersebar luas? Apabila saya ingin memakai gigi palsu, bahaya tidak ke tukang gigi? Trims dok.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Saudari.

 

Pada prinsipnya setiap tindakan medis yang berhubungan dengan rongga mulut dan gigi hanya boleh dilakukan oleh dokter gigi yang telah memiliki SIP atau surat ijin praktek. Bahkan dokter yang baru lulus pun tidak boleh berpraktek apabila belum mengikuti ujian kompetensi.

Berdasarkan aturan perundang-undangan No 29/2004 tentang Praktik Kedokteran pasal 73 Ayat 2 yang berbunyi, ”Setiap orang dilarang menggunakan alat, metode, atau cara lain dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menimbulkan kesan seolah-olah yang bersangkutan adalah dokter atau dokter gigi yang memiliki surat tanda registrasi atau surat izin praktik.” maka praktek tukang gigi adalah ilegal. Dan tentu saja berbahaya apabila berobat ke tukang gigi karena mereka tidak memilik kompetensi dalam bidang kedokteran gigi.

Jangan tergiur oleh harga yang terkesan lebih murah pada tukang gigi karena terkadang harganya tidak lebih murah dari pada dokter gigi terutama di puskesmas dan rumah sakit pemerintah. Disini dengan jelas dan tegas bahwa Saya sangat tidak menyarankan untuk Saudari melakukan perawatan pada tukang gigi.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani.

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar