Sukses

Jumlah Haid Normal

27 Nov 2013, 12:00 WIB
Wanita, 30 tahun.
Saya seorang ibu dengan 1 org putera berusia 2taun 3bln. Slama kira2 6 bulan blkgan ini siklus haid saya sering maju dan yg jadi pertanyaan saya adalah volume darah haid sya yg sedikit.3-4hr ptama hanya flek2 saja dan darah berwarna hitam,jd sdh ckp hanya mnggunakan panty liner saja.dihari ke 4-5 br darah kluar lebih banyak tp hanya berlangsug 2hr saja,setelah itu stop haid saya.apakah normal doc haid dgn volum drh sdkt dan tanggal slalu maju? Apakah haid spti ini mempengaruhi kesuburan?krna saya ingin segera hamil lg.krna dulu butuh wktu 18bulan utk mendapatkan anak ptama dan doc memvonis saya tkena pco.saya jg pnah mlakukan inseminasi buatan 1x pd taun 2010 dgn hasil terdapat kantong kehamilan tp tidak berkembang. Mohon bantuannya.terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda,

Jumlah menstruasi yang sedikit dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Perubahan tersebut dapat berupa fluktuasi normal. Hal ini juga dapat dipengaruhi keadaan tertentu seperti stress fisik dan emosional atau pun karena pengaruh diet yang kurang bernutrisi. Apakah Anda dapat keadaan tersebut? Coba Anda perhatikan jumlah dan lama menstruasi pada siklus mendatang.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun bila pada siklus berikutnya masih terjadi tidak ada salahnya Anda konsultasi ke Dokter Specialis Kandungan dan Kebidanan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar