Sukses

Keluhan Pada Mata

20 Oct 2014, 10:42 WIB
Wanita, 23 tahun.
Begini dok, mata saya mendadak ada lingkaran hitam yg terkadang merah dan gatal sekali begitu juga denga tepi kelopak mata terasa gatal. Area dekat mata juga mengelupas seperti kulit ketombe. Saya sdh ke dokter umum, katanya alergi, tp sy tdk punya riwayat alergi. Ke dokter mata dikasi salep GENTAMICIN dan tetes mata (FLOXA WARNA PINK)sdh 5hari ga ada perubahan.Tetap gatal dan merah. Tiap Bangun tdur kelopak mata terasa bengkak. Saya baca di internet ttg penyakit KONJUNGTIVITIS ALERGI DAN BLEPHARITIS mempunyai gejala yg mirip dengan yg saya alami. Gmn pengobatan yg bnr utk penyakit saya ini ya dok?? dan apa nama penyakitnya??? Trimakasih atas perhatiannya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Sudah berapa lama keluhan ini berlangsung? Apa maksud Ibu dengan lingkaran hitam di mata? Apakah lingkaran hitam ini muncul tiba-tiba? Atau sudah lama? apakah gatal? apakah Ibu ada riwayat trauma (terjeduk/jtuh)? Konjungitivits alergi dan blefaritis dapat menimbulkan bengkak pada kelopak mata. Pada konjungitvitis biasanya disertai oleh keluhan merah pada mata. Sebenernya untuk mendiagnosa penyakit Ibu diperlukan pemeriksaan mata. Keluhan Ibu bisa disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun alergi.

Coba teruskan obat yang sudah diberikan dan oleh karena ada kecurigaan ini merupakan bentuk dari alergi Ibu coba ingat bagaimana hal keadaa ini pertama kali terjadi?  Bila sudah ketemu coba hindari alergen/pemicu alergi (zat penyebab alergi) seperti debu, dingin, asap. parfum, dan sebagainya. Obat-obatan yang dapat digunakan adalah antihistamin baik topikal (tetes mata) maupun oral (diminum). Lindungi juga mata dari debu dan kotoran. Kami sertakan juga artikel kami agar dapat Ibu baca. Bila memang keluhan ini masih berlanjut, coba kembali ke dokter mata ibu. 

Blefaritis

Konjungtivitis Vernalis

Hujan, Musim Sakit Mata

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, semoga membantu. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar