Sukses

Kencing Tidak Tuntas

27 Nov 2013, 19:36 WIB
Pria, 29 tahun.
salam Dokter yang terhormat, Selama ini khususnya kalau sudah mandi biasanya kencing saya tidak tuntas, sampai-sampai saya harus menyelesaikan kencing saya bisa sampai 5 - 10 menit karena terus menetes, hal ini malah makin menjadi kalau diwaktu malam setelah mandi. Apakah ada infeksi di saluran kemih saya? Dan apakah hal itu pula yang menjadi penyebab kualitas sperma saya kurang bagus (saya pernah cek sperma hasilnya bentuk, jumlah, dan gerakan kurang bagus)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Sudah berapa lama kejadian ini berlangsung? Kencing tidak tuntas dapat merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih (ISK) namun juga dapat disebabkan oleh gangguan pada prostat atau ganguan pada otot saluran kemih atau organ lain di saluran kemih.  Untuk ISK selain kencing tidak tuntas, gejala lainnya adalah nyeri berkemih, rasa panas ketika berkemih, air seni keruh, dan  nyeri perut bawah. Demam hanya terjadi bila infeksi mencapai saluran kemih bagian atas.

Terapi pertama kali untuk ISK adalah banyak minum air putih (2-3 L/hari) guna membilas bakteri yang terdapat di saluran kemih, serta antiobiotik, memang sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan urin terdahulu. Untuk kualitas sperma sepertinya tidak ada pengaruh oleh karena infeksi saluran kemih.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar