Sukses

Nyeri Perut Dan Nyeri Kepala

19 Oct 2014, 18:57 WIB
Pria, 27 tahun.
Selamat siang dokter. Saya akan menjawab pertanyaan yang dokter ajukan. 1.Sejak kapan keluhan ini dirasakan? Sudah cukup lama saya merasakan-nya lebih kurang 4 tahun. 2.Kapan saja keluhan ini muncul? Keluhan ini saya rasakan lebih sering (dominan) disore hari pada saat saya selesai bekerja. tetapi saya juga pernah merasakan dipagi hari. 3.Bagaimana rasa sakitnya (Tumpul, berdenyut, tajam)? yang saya rasakan sakit perutnya itu seperti kulit kita terluka dengan benda tajam, perih dan berdenyut. kalau di ibaratkan luka di kulit lengan atau lainnya. berdenyut dan perih. 4.Apakah menjalar? Kalau sakit perut yang saya rasakan hanya pada bagian perut sebelah kiri dan kanan, tetapi bersamaan dengan sakit perut tersebut saya juga secara spontan mengalami sakit kepala. 5.Bagaimana rasa sakit kepala (Berdenyut atau seperti ditekan benda berat)? sakit kepala yang saya rasakan berdenyut, dan sangat sakit sekali. 6.Adakah pemicu yang membuat sakit kepala dan sakit perut muncul? Biasanya saya rasakan itu ketika saya sedang stress dengan kerjaan, tetapi lebih sering muncul dengan spontan (tanpa ada tanda-tanda atau pemicu). 7.Apakah anda sudah mengkonsumsi obat saat mengalami sakit kepala dan sakit perut? Kalau obat-obat sudah banyak sekali saya minum, terakhir saya dikasih dokter obat tapi saya sudah hentikan meminumnya dikarenakan saya hanya merasakan tenang sementara, selanjutnya sakitnya kembali lagi. Obat-Obatan yang dikasih ditulis diresep dan bungkusan obat-obatan tersebut hanya plastik klip putih. oleh karena itu jika obat tersebut habis saya tidak dapat memperoleh obat tersebut dikarenakan harus menggunakan resep dokter untuk menebusnya. sebagai informasi obat tersebut 3 jenis, pertama berwarna hijau berbentuk tablet, kedua berwarna kuning worteel berbentuk kaplet dan yang ketiga berwarna kuning berbentuk kaplet. tidak ada keterangan apapun, hanya instruksi dari sang apoteker yang menyarankan diminum ketika merasakan nyeri dan sakit saja. terima kasih dokter.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Kemungkinan besar nyeri perut yang bapak rasakan  (pada sebelah kiri peurt) adalah gangguan pada lambung. Namun kami menganjurkan karena nyeri ini sudah lama lebih baik dilakukan pemeriksaan darah atau USG untuk menyingkirkan diagnosa penyakit lain oleh karena banyak organ yang terdapat di perut kanan dan kiri jadi ada baiknya memang dilakukan pemeriksaan lanjutan. Untuk sementara coba lakukan saran kami dibawah ini : 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 

  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 

  4. Jangan terlambat makan 

  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 

  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung 

Untuk nyeri kepala nyut-nytuan dan nyeri kemungkinan besar ini merupakan gejala dari migraine. Dimana pada penyakit maag suka memperparah nyeri kepala. Bila kepala sangat nyeri, Anda dapat mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri seperto paracetamol.Coba untuk memperhatikan makanan Anda. Beberapa makanan yang diidentifikasi menjadi pencetus migraine adalah :

  1. Makanan yang banyak mengandung Thyramine (keju,red wine)

  2. Makanan yang mengandung Monosodium Glutamate (MSG) seperti makanan China dan Meksiko

  3. Makanan yang mengandung Nitrat (bologna, salami, smoked meat)

  4. Makanan yang difermentasi

  5. Alkohol (red wine)

  6. Caffeinated (softdrink, teh, kopi)

Kami sertakan juga beberapa artikel yang dapat Anda baca : 

Migraine Sering Kambuh, Bagaimana Solusinya?

Hubungan Migraine dengan Tidur

5 Cara Alami Melawan Migraine

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.(EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar