Sukses

Sulit Konsentrasi Dan Fobia Hujan

19 Oct 2014, 23:55 WIB
Pria, 7 tahun.
dok, adik saya saat ini kelas 1 SD, dia anak yang sangat aktif, dia hampir tidak bisa diam, dia sering berlari kesana kesini, sering menirukan suara robot atau pesawat. dia termasuk baik dalam berhitung, namun untuk verbal dan komunikasi, sepertinya kurang, ketika ditanya dia seringkali tidak menatap lawan bicaranya. cara dia bercerita juga sulit dimengerti. dia juga sangat fobia terhadap hujan, bermula dari bulan februari tahun ini ketika itu hujan sangat deras, rumah banjir mati lampu, sejak saat itu dia sangat takut kalau langit terlihat mulai mendung, dia menangis dan berteriak-teriak, tangan dan kakinya dingin. apakah apa yang terjadi pada adik saya normal dok? mohon sarannya. terimakasih dok.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Sangat sulit untuk mendiagnosa kelainan pada adik Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisik. Mungkin saja adik Anda menderita gangguan atensi yang membuat sulit untuk berkonsentrasi dalam berbicara. Untuk gangguan ini sepertinya diperlukan pemeriksaan lanjutan. 

Mengenai fobia hujan memang sangat jarang terjadi, apakah sebelum bulan febuari tidak ada fobia ini? Bila baru muncul saat bulan febuari, mungkin saja saat hujan itu ada peristiwa yang membuat adik Anda trauma, apakah dari suasana hujan, atau bunyi petir atau lainnya, hal ini perlu diselediki lebih lanjut. Oleh karena trauma ini yang menyebabkan adik Anda takut terhadap hujan. Kami sarankan agar Anda konsultasi ke dokter ahli psikiatri atau ke dokter anak dahulu. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar