Sukses

Ingin Dapat Momongan

18 Oct 2014, 11:39 WIB
Pria, 29 tahun.
Hallo dok, usia saya 29 tahun dan sudah menikah...pernikahan saya baru memasuki 1 Tahun dengan kondisi saya dan suami berjauhan krn tuntutan pekerjaan,saya di jbr dan suami di sby dan kami bertemu hanya 1 minggu sekali hari sabtu dan minggu saja pertemuan kami dan sampai saat ini kami terus berharap agar Allah SWT segera memberikan kami momongan 1.suami saya tidak menyukai makanan dari bahan ikan dan sayuran..dia lebih menyukai makanan dari bahan daging,ayam, tahu..yang saya tanyakan apakah dengan makan makanan dari bahan daging,ayam dan tahu berpengaruh pada jumlah sperma, pergerakan sperma,kualitas sperma tersebut dibandingkan dengan orang yang lebih menyukai makanan dari bahan ikan dan sayuran? 2. langkah-langkah apa saja yah dok yang harus kami lakukan agar kami bisa segera memiliki momongan secara alami sebelum kami melakukan pemeriksanaan lebih lanjut untuk memprogram memiliki momongan. 3. saya pernah disarankan oleh teman kantor saya untuk mengkonsumsi obat Dalfarol,,..obat tersebut gunanya apa yah dok??amankah apa tidak yah dok, obat tersebut bagi tubuh saya yang belum pernah hamil??trus kalau memang boleh buat saya aturan minumnya bagaimana yah dok, supaya program hamil saya berhasil?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda,  

1. Memang sebaiknya makanan harus seimbang antara sayur atau buah dengan makanan daging atau ayam (protein, lemak) namun sebenarnya lebih banyak makan daing atau ayam tidak terlalu berpengaruh terhadap kualitas sperma. Namun coba sekarang perbanyak sayur dan buah serta vitamin. Hindari juga merokok dan alkohol sebab hal ini telah disebutkan berpengaruh terhadap kualitas sperma.  Untuk memastikan kualitas sperma, Anda dapat meminta suami Anda untuk memeriksa kualitas sperma di lab. 

2. Usaha-usaha yang dapat Anda lakukan dalam memperoleh keturunan diantaranya adalah dengan melakukan hubungan seksual di sekitar masa subur Anda. Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Untuk mengetahui kapan masa subur Anda, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid Anda dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi anda berlangsung teratur selama 27-28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi anda adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu. Kemudian Anda dan pasangan juga perlu melakukan hubungan seksual yang teratur 2-3 x/minggu.

Disamping itu, yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan: 

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  • Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas)

Berikut adalah beberapa artikel Kami yang dapat Anda akses terkait persiapan kehamilan pada pasangan suami-istri:

Merencanakan Kehamilan 

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan

6 Tips untuk Mempercepat Kehamilan

Persiapkan Kehamilan dengan Konsumsi Asam Folat

3. Untuk obat Dalfarol merupakan suatu jenis vitamin E. Dimana vitamin ini dapat digunakan untun berbagai hal. Namun, sebaiknya sebelum konsumsi obat apapun lebih baik konsultasi ke dokter  specialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan tubuh juga.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar