Sukses

Nyeri Perut

26 Nov 2013, 16:36 WIB
Wanita, 29 tahun.
Saya mau tanya, saya sering mengalami sakit pada perut saya. beberapa bulan lalu saya pernah cek ke dokter katanya sakit lambung. setelah pengobatan selesai tapi kok masih sering sakit. bahkan menyebabkan bau mulut saya semakin parah. mau tanya apa penyebab bau mulut tersebut karena sakit mag saya? sedangkan gigi saya tidak ada maslah. bagaimana cara mengobatinya ya. tq
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Sebelumnya ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan, disebelah manakah nyeri perut Anda? apakah ada keluhan seperti mual, muntah, kembung? Memang penyakit maag, dapat timbul berulang, bila sudah sembuh namun kebiasaan dalam hidup masih buruk dapat timbul maag lagi. Coba selain konsumsi obat, anda dapat lakukan beberapa tindakan dibawah ini :

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 

  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 

  4. Jangan terlambat makan 

  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 

  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung 

Namun memang bila nyeri terus tidak hilang sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksan USG, pemeriksaan H.Pylori (kuman yang menyebabkan maag), atau foto xray perut. Memang dengan penyakit maag terkadang dapat menyebabkan bau mulut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.(EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar