Sukses

Seputar Diabetes

26 Nov 2013, 12:32 WIB
Pria, 20 tahun.
Selamat pagi pak dokter, saya ingin bertanya, 1. Yang dimaksud diabetes itu kelebihan berat badan atau pas terjadi penurunan berat badan drastis? 2. Gejala diabetes diantaranya adalah meningkatnya rasa lapar dan haus, apakah rasa lapar dan haus ini harus kita ikuti atau dibiarkan saja? 3. Mungkinkah orang yang sudah terkena diabetes yang mengalami penurunan berat badan drastis bisa gemuk kembali, soalnya ibu saya sudah terkena penyakit gula badannya sudah kurus bisakah beliau gemuk lagi? apakakah diet yang baik untuknya?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

1. Pertama saya jelaskan sedikit tentang Diabetes. Diabetes merupakan penyakit dimana terjadi resistensi dari insulin. Insulin merupakan semacam hormon yang berfungsi untuk memasukkan glukosa ke dalam sel. Dimana glukosa ini berfungsi untuk kelangsungan sel.  Pada orang-orang dengan kelebihan berat badan cenderung dapat terkena diabetes, oleh karena ada proses resistensi insulin yang dihubungkan dengan peningkatan berat badan. Ini merupakan proses awal. Bila sudah terjadi resistensi dari insulin yang tinggi maka dapat muncul gejala diabetes dimana salah satunya adalah penurunan berat badan. Jadi penurunan berat badan itu terjadi bila proses resistensi insulin ini sudah berlangsung lama. 

2. Keluhan rasa lapar dan haus merupakan gejala diabetes yang dapat muncul. Bila gula sudah dioabati kemungkinan gejala ini tidak muncul lagi. Untuk rasa haus sebaiknya minum saja, namun untuk rasa lapar sebaiknya di periksan dahulu pak kadar gula darah Ibu bapak. Sebaiknya memang diobati dulu gula darahnya pak. Pemeriksaan yang dapat Anda lakukan adalah pemeriksan gula darah sewaktu dan HbA 1c. 

3. Semua gejala dapat mengalami perbaikan bila dilakukan pengobatan pak. Jadi memang sebaiknya dilakukan pengobatan dahulu, untuk berat badan sebaiknya memang pada pasien diabetes harus dijaga berat badannya selalu dalam range normal tidak terlalu berat atau kurus. Diet yang baik untuk penderita diabetes adalah menggunakan Index Glikemik, dimana Anda dapat konsultasi ke dokter ahli gizi untuk progam lebih lanjut. 

Anda juga dapat mengunjungi rubrik Diabetes.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar