Sukses

Penyembuhan Tulang

16 Oct 2014, 11:01 WIB
Pria, 46 tahun.
hallo dokter yang baik. saya ingin bertanya, sehabis dilakukan pembedahan untuk penyambungan tulang yg patah ( ada pemasangan "pen" ), apa langkah selanjutnya yang harus di tempuh ? apakah makan obat untuk menyembuhkan / mempercepat pertumbuhan tulang ( via oral atau suntikan ) selama berapa kali jika melalui suntikan atau jika melalui obat oral ? apakah perlu fisioteraphy jika tulang yg patah di bagian dada, bukan pada bagian kaki ? apakaha ada langkah / treatment lanjutannya lagi / selanjutnya ? setelah konsumsi obat / suntikan untuk pertumbuhan tulang, apakah perlu pencabutan "pen" , butuh berapa lama ( 1 - 2 tahun ) ? Terimakasih atas jawaban dokter yang baik salam ian kategori bedah / ortopedi
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Pen digunakan untuk membantu proses penyembuhan tulang yang patah dengan cara mengfiksasi atau menahan agar patahan tulang tidak bergerak-gerak selama penyembuhan. Karena itu, setelah penyembuhan tulang sudah terjadi, pen dapat dilepas. Jadi untuk obat yang dapat dilakukan untuk mempercepat penyembuhan tulang sebenarnya tidak ada oleh karena setelah dipasang pen, tulang akan terstimulasi untuk sembuh dengan sendiri.

Untuk fisioterapi biasanya dilakukan pada tulang-tulang yang biasa digunakan untuk bergerak agar tidak terjadi kekauan. Yang dapat Anda lakukan adalah perbanyak makanan bergizi dan vitamin yang bisa Anda dapatkan pada sayur dan buah serta berjemur pada pagi hari.   

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar