Sukses

Peradangan Usus Buntu

18 Oct 2014, 15:15 WIB
Wanita, 22 tahun.
dok, saya mau tanya, dulu nya ayah saya terkena usus buntu kata dokternya. tapi tidak dilakukan pemeriksaan penunjang seperti USG. sempat saya sarankan untu USG tapi dokternya langsung menyarankan keluarga langsung segera operasi. tapi setelah dilakukan operasi jam 5 sore tiba-tiba jam 10 malam ayah saya langsng sesak nafas. dari kejadian itu keadaan nya langsung drop. hingga dipasang NGT. perutnya teraba keras dan cairan yang keluar dari lambung berwarna kehitaman. yang mau saya tanyakan sebenarnya ayah saya itu sakit apa ya dok??
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin untuk keluhan yang dialami ayah Anda. Pertama izinkan saya menjelaskan tentang penyakit usus buntu.

Usus buntu atau disebut apendicitis merupakan penyakit peradangan pada usus buntu atau apendiks. gejalanya bisa berupa nyeri ulu hati yang kemudian menjalar ke nyeri perut kanan bawah, dan bisa disertai demam. Untuk menegakkan diagnosis usus buntu diperlukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik langsung oleh seorang dokter. Sulit untuk mendiagnosa penyakit hanya berdasarkan informasi yang Anda sampaikan, dan terlalu dini menegakkan diagnosis tanpa pemeriksaan langsung.

Untuk mendiagnosa suatu penyakit dibutuhkan:

  • Wawancara lebih lanjut seperti: sudah berapa Anda mengalami keluhan seperti ini? Bagaimana awal mulanya? Pengobatan apa sajakah yang sudah diberikan? Apakah Anda pernah mengalami keluhan seperti ini sebelumnya? dsb.
  • Pemeriksaan fisik secara langsung
  • Pemeriksaan penunjang (jika diperlukan)

Dan yang terakhir baru disimpulkan suatu diagnosa agar kemudian ditentukan tata laksana yang lebih komprehensif. Kami menganjurkan agar Anda tetap mengkonsultasikan dan berdiskusi lebih lanjut ke dokter spesialis bedah yang menangani ayah Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (AN)

 

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar