Sukses

Sinusitis dan Deviasi Septum

19 Oct 2014, 05:12 WIB
Pria, 44 tahun.
Dokter, hasil rongent diantaranya : septum nasi ditengah, apa artinya? sinusitis maksilliaris kiri, apakah bisa sembuh total dengan hanya konsumsi obat2an saja, tdk perlu operasi? terdapat tulang tengah hidung bengkok, apa ada pengaruh timbulnya sinusitis? apa sebaiknya saya lakukan agar sinusitis maksilliaris kiri saya bisa sembuh total? perlukah therapy hirup uap dari air panas? mohon bantuan dokter.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Sinusitis sebenarnya merupakan inflamasi dari sinus paranasal yang terletak pada tulang tengkorak manusia. Sinus paranasal terdiri dari sinusitis maksila, sinusitis etmoid, sinusistis frontal dan sinusitis sphenoid. Yang terkena dapat kedua belah sinus atau hanya kiri atau kanan saja. Maka keluhan pun hanya dapat terjadi belahan wajah di mana sinusitis terjadi.

Beberapa faktor yang dapat mencetuskan terjadinya sinusitis adalah:

  • Obstruksi mekanik, seperti deviasi septum, pembesaran  konka, benda asing di hidung, polip hingga tumor di hidung
  • Rhinitis alergika, yang ditandai dengan sering bersin di pagi hari

 

  • Lingkungan : polusi, udara dingin dan kering

Anggap saja rongga sinus seperti saluran got, dimana bila mampet dapat dibersihkan, namun bila datang hujan dapat mampet lagi bukan? Memang pada keadaan akut ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan seperti pemberian antibiotik yang cukup lama, pengencer dahak, obat alergi, serta uap/sinar. Namun tentu sinus dapat kambuh kembali yang harus dijaga adalah agar tidak ada sumbatan lagi. Jika benar Anda menderita deviasi septum, hal ini bisa menyebabkan diri Anda lebih rentan menderita sinusitis. Deviasi septum adalah dimana tulang hidung Anda lebih condong ke satu sisi. Sinusitis merupakan penyakit yang cukup kompleks karena ada beberapa faktor yang harus ditangani untuk menyembuhkan sinusitis. Sebaiknya memang anda konsultasi ke dokter specialis THT untuk masalah septum deviasi dan sinusitis Anda. 

Berikut kami sertakan artikel yang berjudul: Sinusitis, untuk informasi lengkap Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar