Sukses

Keputihan Bergumpal

23 Nov 2013, 11:23 WIB
Wanita, 23 tahun.
dok saya mau bertanya tp sya mita tolong dirahasiakan..krn privasi.. yg ingin saya tanyakan pertama selama hampir 1 minggu saya mengalami keputihan,berbau & gatal-gatal,tp setelah berhubungan intim sama suami,keputihan yg bentuknya kayak susu itu keluar semua dok,setelah itu gejala itu semua hilang,keputihan,bau & gatal-gatal hilang..itu pertanda apa ya dok??baik ato awal bahaya kah? kedua setiap berhubungan intim sama suami,perut saya yg bagian bawah sering kram,apa itu bahaya ya dok?? mohon kiranya dokter mau menjawab pertanyaan saya.terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami saat ini.

Perlu anda ketahui bahwa keputihan banyak sekali penyebabnya, mulai dari yang normal sampai yang tidak normal. Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.
 
Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.
 
Sulit bagi saya untuk mengatakan secara pasti apakah keputihan yang Anda alami merupakan keputihan yang normal atau tidak, karena untuk menegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Saya menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan seorang dokter agar anda dapat diperiksa secara langsung. Perut kram setelah berhubungan intim juga dapat dissebabkan oleh berbagai hal, salah satunya bisa karena kram bagian perut bawah. Namun jika keluhan yang Anda rasakan hanya sementara, sepertinya tidak perlu dikhawatirkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan anda lekas sembuh. (AN)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar