Sukses

Pola Makan Diabetes

18 Oct 2014, 14:07 WIB
Wanita, 21 tahun.
salam , saya mau bertanya dok . mama saya udah menderita penyakit diabetes selama 13 tahun . dan sampai sekarang masih konsumsi obat dr dokter. pertanyaan saya, apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi penyakit diabetes ? makanan apa yang bisa di konsumsi untuk penderita diabetes ? terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Saya menghargai perhatian Anda terhadap penyakit yang diderita ibu Anda. Pertama izinkan saya menjelaskan tentang diabetes secara umum dan bagaimana menangani diabetes secara lengkap.

Pada tahap awal diabetes bisa dicoba dengan kontrol gula denganperubahan pola hidup. Namun, membaca cerita Anda bahwa ibu Anda sudah lama menderita diabetes sepertinya lebih baik menggunakan obat. Namun ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi resiko naiknya gula darah anda, yaitu suatu bentuk modifikasi gaya hidup. modifikasi gaya hidup ini dilakukan dengan beberapa hal : 

1. Mengurangi berat badan :  Menurut sebuah buku yang dikeluarkan oleh Perkumpulan Ahli Diabetes di Amerika, bila IMT 25 - 29 atau lebih dari 30 maka disarankan agar dilakukan penurunan berat badan. Namun dilihat dari IMT anda yang masih 20, maka penurunan berat badan tidak perlu. 

2. Intake makanan harus dijaga sebanyak 1,000 - 1,200 kcal/sehari. Makanan difokuskan dengan perbanyak sayur, buah, kurangi kabohidrat (nasi diganti dengan kentang atau nasi merah), lemak dikurangi. Ada suatu tabel bernama "Glycemic Index" yang anda dapat lihat sebagai pedoman anda dalam mengkonsumsi makanan. 

3. Kegiatan fisik sebaiknya dilakukan dengan berolahraga ringan-sedang selama 30 - 45 menit dalam sehari, selama 3 -5 kali dalam seminggu. 

Modifikasi gaya hidup ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah anda. Sebab yang diusahakan dalam manajemen dari Diabetes adalah pencegahan komplikasi serta mempertahankan agar gula darah tetap terkontrol. 

Untuk menjawab pertanyaan Anda dan panduan serta informasi lengkap mengenai Diabetes, diet, dan serba-serbi penanganannya, Anda dapat meng-akses Rubrik Diabetes yang kami miliki.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (AN)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

 

 

 

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar