Sukses

Imunisasi Cacar Air

19 Oct 2014, 22:17 WIB
Wanita, 8 tahun.
Anak saya sejak umur dibawah sdh sy berikan imunisasi tambahan yaitu cacar air atau varisela,baru baru ini anak tetangga saya terkena cacar air ,1.apakah anak sy bisa kena cacar air jg walaupun sdh imunisasi? 2.kalau masih bisa terkena cacar air,untuk apa tujuannya imunisasi? 3.berapa lama setelah imunisasi,vaksin bekerja utk membentuk kekebalan tubuh?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Salam kami untuk buah hati Anda. 

Apabila Anda bertanya apakah imunisasi bisa mencegah suatu penyakit cacar air secara mutlak, seharusnya tidak. Namun pemberian vaksin memberikan kekebalan atau kekuatan imun pada anak sehingga penyakit yang terjadi tidak akan parah.   Berat tidaknya penyakit cacar air sangat dipengaruhi oleh kekebalan tubuh anak tersebut. Namun, secara umum, penyakit cacar air pada anak-anak seringkali ringan dan tidak sampai menjadi terlalu berat dan tidak mengganggu pertumbuhan anak.

Terdapat beberapa tips perawatan sakit cacar yang dapat Anda lakukan:

1) Memberikan asupan cairan yang cukup, terutama bila timbul demam

2) Memberikan asupan makanan (MPASI) yang cukup dan bergizi

3) Mencegah pecahnya lenting dengan bedak (misal: Bedak Salisil) yang dipakaikan setelah mandi dan tidak menggaruk lenting. 

4) Jaga kebersihan tangan dan gunting kuku bila anak sering menggaruk. Menggaruk dapat menyebabkan infeksi sekunder pada kulit. Anak juga dapat dipakaikan baju lengan panjang dan celana panjang agar kulit terhindar dari garukan anak. Kompres air sejuk dapat mengurangi rasa gatal pada lenting sehingga anak cenderung tidak menggaruk.

5) Mandilah seperti biasa agar kebersihan kulit tetap terjaga. Waspadai agar lenting tidak pecah.

6) Berikan obat-obatan yang diperlukan sesuai dengan petunjuk dokter.

 

Semoga buah hati Anda cepat sembuh kembali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar