Sukses

Nyeri pada dada kiri

18 Oct 2014, 13:12 WIB
Wanita, 27 tahun.
dok saya mau tanya.. sudah 2 tahun terakhir ini saya sering merasa sakit di dada sebelah kiri saya, jika sakitnya datang saya hampir tidak bisa nafas. karena kalau saya tarik nafas malah bikin sekujur tubuh bagian kiri saya berasa di ikat kuat dengan tali.. dulu waktu kecil saya pernah mengalami keram di perut saya. samapai sy harus ke dokter, tapi dokter tidak pernah menjelaskan keadaan saya. awal tahun kemarin perut sy keram kembali sehingga sy tidak bisa bernafas dok, jangankan berbicara, menggerakkan tangan saja sy tidak bisa karena sakit yang luar biasa sy mencoba ke dokter katanya saya terkena radang usus, tapi sampai obat habis pun sakit itu masih ada, dan malah tidak sembuh.. menurut dokter apakah saya terkena penyakit jantung? dan keram diperut saya berpengaruh kah?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kegelisahan yang Anda rasakan

Keluhan seperti yang Anda sebutkan dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan jantung, gangguan otot atau tulang, paru-paru, saluran pencernaan atau psikologis.

 

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan. Untuk keluhan panas di ulu hati kemungkinan besar disebabkan oleh penaykit maag atau dapat juga disebabkan oleh GERD (gastroesophageal reflux disease). Penyakit GERD ini terkadang suka disalah artikan sebagai penyakit jantung ataupun sebaliknya. Penyakit ini ditandai dengan gejala rasa panas/terbakar pada leher akibat asam lambung yang naik ke atas, kembung, mual, hingga muntah, hingga perasaan nyeri pada dada. Bila memang anda menderita GERD dibutuhkan pengobatan berupa obat yang menurunkan asam lambung golongan PPI (proton pump inhibitor) yang dikonsumsi cukup lama. Namun kami tetap mengajurkan agar dilakukan pemeriksaan lain untuk menyingkirkan diagnosa lain oleh karena itu sebaiknya ibu konsultasi ke dokter specialis penyakit dalam aga dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut serta untuk mendapatkan terapi.

 

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar