Sukses

Malam pertama belum berdarah dan belum hamil

18 Oct 2014, 15:09 WIB
Wanita, 23 tahun.
Siang Dok, sy baru nikah 2bln lalu, yg mau sy tanyakan 1. Sejak MP, Ms. V sy belum berdarah, apakah karena Mr.P suami saya kecil atau apa?? 2. Kenapa sampai sekarang belum hamil? apakah pengaruh jika Ms.V saya belum berdarah / robek susah hamil? Makasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda:

  • Sejak MP, Ms. V sy belum berdarah, apakah karena Mr.P suami saya kecil atau apa??
    Jawab: 

    Perdarahan dari kemaluan saat hubungan seksual pertama bisa terjadi akibat peregangan dan robekan pada selaput dara (hymen). Keadaan ini tidak selalu ditemukan, karena sifat selaput dara yang elastis dan bentuknya yang berbeda-beda.Tidak keluarnya darah saat Anda berhubungan seksual pertama kali dapat terjadi akibat :
    • Mungkin anda memiliki jenis selaput dara yang elastis sehingga selaput dara anda tetap tidak mengalami robekan saat melakukan hubungan seksual pertama kali.
    • Mungkin telah terjadi robekan pada selaput dara anda yang tidak anda sadari sebelumnya karena akibat strukturnya yang tipis maka selaput dara juga dapat robek akibat hal-hal lain non-seksual, seperti akibat olahraga, pemakaian tampon, trauma (cedera) disekitar vagina dan lain sebagainya.
  • Kenapa sampai sekarang belum hamil? apakah pengaruh jika Ms.V saya belum berdarah / robek susah hamil?
    Jawab: Bila anda sudah menikah 1 tahun lebih dan berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) terutama saat masa subur dan tanpa menggunakan kontrasepsi tetapi belum mendapatkan momongan maka tidak ada salahnya anda dan pasangan melakukan tes kesuburan. Namun sekiranya hal ini belum dibutuhkan oleh Anda dan pasangan. Mengingat Anda dan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Tes kesuburan yang umum dilakukan oleh wanita adalah USG untuk melihat anatomi alat reproduksi, tes hormonal, dan HSG (bila perlu). Tes hormonal yang dilakukan untuk pemeriksaan kesuburan wanita umumnya adalah estradiol, LH, dan FSH. Untuk pria sebaiknya dilakukan tes analisis kualitas dan kuantitas sperma.Lalu bagaimanakah frekuensi dan kualitas hubungan seksual Anda selama ini?
    Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Selain itu, perlu juga diperhatikan:
     
    • hentikan segala bentuk kegiatan yang kurang baik seperti merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol.
    • sebisa mungkin hindari konsumsi obat-obatan, terutama yang dijual bebas
    • ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim sebanyak 2-3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas)
    • menurut the Center for Disease Control (CDC), perempuan yang merencanakan kehamilan dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio
    Berikut adalah beberapa artikel Kami yang dapat Anda akses terkait persiapan kehamilan pada pasangan suami-istri:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)


Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar