Sukses

Dahak Kental

20 Nov 2013, 14:58 WIB
Pria, 32 tahun.
Siang dokter, ada yg perlu saya tanyakan.. Saya ada keluhan mengenai dada kanan sering nyeri, kadang menjalar ke dada kiri sampai ke bahu dan tangan. Rasa nyeri itu berbarengan dgn sesak napas, terutama jika lg duduk dan jika sengaja mengeluarkan dahak akan timbul bunyi klek di dada disertai keluar dahak bening dan sangat lengket spt lem. Jika dahak sdh keluar rasa sesak menghilang. Blm lama ini saya cek foto thorax AP/PA di rumah sakit dan hasilnya sbb : - Tulang dan soft tissue normal - Mediastinum tak melebar - Cor : besar dan konfigurasi dalam batas2 normal - Sinus dan diafragma normal - Pada kedua paru tdk tampak infiltrate tetapi corakan paru kasar Kesan : - Cor normal - Corakan bronkitis (tdk tampak gambaran proses aktif). Yg ingin saya tanyakan : 1.Kira2 parah tdk yah sakit saya dok, soalnya sdh lumayan lama keluhan nyeri dada dan sesak 2.Rasa sesak hanya jika sy duduk, tp kalau tidur atau aktifitas lain spt jalan atau lari tdk masalah (pernapasan sy juga normal tdk spt orang sakit asma) 3.Yg saya khawatir jika sedang nyeri dada pasti akan bunyi suara klek di dada jika dada di tarik kebelakang atau saat mengeluarkan dahak. 4.Kalau menurut sy kayaknya rasa nyeri itu timbul karena banyaknya lendir di saluran paru2, krn sangat lengket dan warnanya bening dok.. Bagaimana cara menghilangkan lendirnya yah dok? Maaf sangat panjang pertanyaannya dokter. Trimakasih
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter

Kami mengerti keresahan yang Anda alami, Pada dasarnya pghlem (dahak) yang menempel di saluran pernapasan akan mengganggu saluran napas dan membuat sensitifitas dari saluran pernapasan (trakhea) menjadi berkurang. Terima Kasih atas keterangan yang sangat lengkap dari Anda, dan memudahkan kami dalam memberikan jawaban. 

Ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam mengencerkan dahak membandel, mulai dari penguapan (Nebulizer) hingga ke preparat spray. Rasa nyeri dada yang Anda rasakan sudah tentu merupakan akibat dari batuk dan sesak napas yang disebabkan oleh dahak yang sangat kental tersebut.

Kami sangat menganjurkan Anda berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis Paru, agar Anda mendapatkan terapi yang tepat dan akurat.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga berikan semoga bermanfaat (AK)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 


    0 Komentar

    Belum ada komentar