Sukses

Apakah Penyakit Lupus Berbahaya?

17 Oct 2014, 22:23 WIB
Pria, 22 tahun.
dokter saya mau tanya tentang penyakit lupus,apakah bisa disembuhkan??? berapa lama jangka kesembuhannya??? apakah obat nya mahal dok??? n resiko apa saya yang dialami oleh penderita penyakit lupus tersebut terima kasih
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-consultation KlikDokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami, ijinkan saya menjelaskan sedikit mengenai penyakit lupus.

Lupus eritematosus sistemik (LES) adalah penyakit autoimun sistemik yang ditandai dengan adanya autoantibodi terhadap autoantigen, pembentukan kompleks imun, dan disregulasi sistem imun, menyebabkan kerusakan pada beberapa organ tubuh. Perjalanan penyakitnya bersifat episodik (berulang) yang diselingi periode sembuh.

 

Pada setiap penderita, peradangan akan mengenai jaringan dan organ yang berbeda. Beratnya penyakit bervariasi mulai dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang menimbulkan kecacatan, tergantung dari jumlah dan jenis antibodi yang muncul dan organ yang terkena. Perjalanan penyakit LES sulit diduga dan sering berakhir dengan kematian.

Dalam mengobati LES sangat bergantung dari derajat keparahan dan manifestasi klinisnya. Preparat hydroxychloroquine berperan penting dalam penanganan LES dalam jangka waktu lama. Biasanya dapat juga ditambahkan preparat steroid untuk menekan reaksi imun. Namun sekali lagi pengobatan yang diberikan dan teknik mengobatinya sangat bergantung dari derajat dan gejala klinis yang dialami.

Dengan penanganan yang intensif Lupus dapat ditangani, oleh karena itu sebaiknya konsultasikan problem ini kepada dokter yang ahli dibidangnya agar pemberian terapi tepat sesuai dengan yang dibutuhkan 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. (AK)

Salam

Tim redaksi KlikDokter

 

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar