Sukses

Perlengketan Tuba

20 Nov 2013, 10:56 WIB
Wanita, 25 tahun.
Saya sudah 1,5 thun menikah dan belum dikaruniai keturunan.menurut hasul usg dokter, rahim saya lengket dan harus ditiup. yg mau saya tanyakan, sebenarnya apa yg dimaksud dengan rahim lengket, penyebabnya apa? dan bagaimana cara mengobatinya?apa harus dengan cara ditiup?
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-consultation KlikDokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami, ijinkan saya menjelaskan sedikit mengenai perlengketan.

Dalam dunia medis sebetulnya kondisi perlengketan cukup sering ditemui. Baik itu perlengketan usus ataupun organ oraDalam kasus Anda kemungkinan perlengketan rahim yang Anda maksud adalah hydrosalpinx tuba atau perlengketan dari tuba baik kanan atau pun kiri, hal ini umumnya terjadi karena infeksi dari saluran tuba. Infeksi dapat terjadi akibat Infeksi Menular Seksual (IMS) yang menyebabkan Penyakit Radang Panggul, atau riwayat operasi sebelumnya, penyakit sistemik seperti TBC, hingga perlekatan yang diakibatkan endometriosis dan kanker di sekitar tuba.  

Mengenai proses 'tiup' mungkin maksudnya adalah Hidrotubasi yang dilakukan dengan menyemprotkan cairan ke dalam rongga rahim untuk menekan tuba falopi agar sumbatan terbuka. Yang digunakan biasanya cairan infus atau aqua destilata yang bersifat antibiotika. Sedangkan diathermi digunakan untuk melengkapi tindakan hidrotubasi agar hasilnya lebih maksimal. Mengenai jumlah yang diberikan biasanya tergantung dari hasil hidrotubasi. Pemberian diatermi pun akan tergantung dari masing-masing kasus.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses 'tiup' itu tadi, Kami sarankan agar Anda menanyakan dan mengikuti saran dari dokter spesialis kandungan secara langsung karena kami yakin beliau telah memeriksakan kondisi Anda dengan seksama.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. (AK)

Salam

Tim redaksi KlikDokter



 

    0 Komentar

    Belum ada komentar