Sukses

Ibu Saya Vertigo

20 Nov 2013, 09:41 WIB
Wanita, 29 tahun.
Sebenarnya bkn saya yg bermasalah,tp saya ingin bertanya mengenai kondisi ibu saya,beliau tiap bangun tidur di pagi hari mengeluhkan pusing dan mulut terasa pahit.Itu vertigo atau apa ya dok? Dan bgmn mengatasi nya? Krn ibu saya mengalami nya hampir tiap hari. Usia ibu saya 60 thn. Terima kasih atas jwbn nya
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-consultation KlikDokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun gejala vertigo bukan seperti itu. Izinkan saya menjelaskan sekilas mengenai Vertigo.

Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

  1. Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
  2. Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT atau syaraf? Kami menyarankan Anda berobat ke dokter untuk menentukan jenis vertigo pada Anda: vertigo perifer atau sentral. Vertigo sentral melibatkan saraf otak oleh karena itu harus segera ditangani.

Berikut kami sertakan artikel yang dapat membantu Anda:

Vertigo

Vertigo

Mengenal penyakit Vertigo

Keluhan yang Ibu Anda alami kemungkinan berkaitan dengan kelainan lambung (rasa pahit diakibatkan karena asam lambung yang meningkat). Oleh karena itu sebaiknya konsultasikan kondisi ibu Anda ke dokter, agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. (AK)

Salam Tim redaksi KlikDokter


 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar