Sukses

Nyeri Dada

19 Nov 2013, 22:52 WIB
Wanita, 38 tahun.
Dokter Yth, suami saya usia 38 tahun, seorang karyawan dan pekerja yang giat dan cakap. Kami punya 2 orang anak. Sudah 1 tahun ini kadang merasakan sakit di dada, senut2 gitu katanya, kadang panas di ulu hati. Kami sudah periksa ke dokter penyakit dalam dan melakukan tes EKG, hasilnya tidak ada masalah dengan jantungnya, katanya hanya ketidakteraturan irama jantung, suami saya dianjurkan untuk rileks. Kami pindah lagi ke dokter lain, malah katanya kelebihan asam lambung. Hal ini membuat suamiku resah dan agak depresi memikirkannya, membuat hatinya tidak nyaman, ketakutan dan mengganggu kenyamanan keluarga kami. Apa yang harus kami lakukan, Dok? Terima kasih sebelumnya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Keluhan seperti yang Anda sebutkan dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan jantung, gangguan otot atau tulang, paru-paru, saluran pencernaan atau psikologis.

 

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan. Untuk keluhan panas di ulu hati kemungkinan besar disebabkan oleh penaykit maag atau dapat juga disebabkan oleh GERD (gastroesophageal reflux disease). Penyakit GERD ini terkadang suka disalah artikan sebagai penyakit jantung ataupun sebaliknya. Penyakit ini ditandai dengan gejala rasa panas/terbakar pada leher akibat asam lambung yang naik ke atas, kembung, mual, hingga muntah, hingga perasaan nyeri pada dada. Bila memang anda menderita GERD dibutuhkan pengobatan berupa obat yang menurunkan asam lambung golongan PPI (proton pump inhibitor) yang dikonsumsi cukup lama. Namun kami tetap mengajurkan agar dilakukan pemeriksaan lain untuk menyingkirkan diagnosa lain oleh karena itu sebaiknya ibu konsultasi ke dokter specialis penyakit dalam aga dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut serta untuk mendapatkan terapi.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar