Sukses

Benjolan Pada Anus Dan Fatty LIver

19 Nov 2013, 20:17 WIB
Wanita, 41 tahun.
selamat siang,saya mau tanya suami saya ada benjolan (diraba terasa)disekitar anus,yang dirasakan sakit,dudukpun terasa sakit,apakah itu wasir atau ambein?saya harus periksakan ke dokter internis atau dokter bedah? suami saya juga ada fatty liver.bagaimana pengobatannya untuk penyembuhannya? terima kasih Hilda
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kondisi yang Anda alami. Namun sayangnya, sulit untuk mendiagnosa penyakit hanya berdasarkan informasi yang Anda sampaikan.

Untuk mendiagnosa suatu penyakit dibutuhkan:

  • Wawancara lebih lanjut seperti: sudah berapa lama Anda mengalami keluhan seperti ini? Bagaimana awal mulanya? Seberapa besar ukuran benjolan tersebut? Apakah ada darah yang keluar dari benjolan tersebut? Bagaimana pola BAB Anda? Apakah Anda sering mengalami susah BAB? Pengobatan apa sajakah yang sudah diberikan? Apakah Anda pernah mengalami keluhan seperti ini sebelumnya? 
  • Pemeriksaan fisik secara langsung
  • Pemeriksaan penunjang (jika diperlukan)

Dan yang terakhir baru disimpulkan suatu diagnosa agar kemudian ditentukan tata laksana yang lebih komprehensif. Saat ini kami menduga bahwa kemungkinan Anda mengalami wasir. Namun untuk memastikannya kami 

menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke Dokter Specialis Bedah untuk penanganan lebih lanjut.

 

Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk informasi lengkap kami sertakan artikel yang dapat Anda akses yang berjudul:

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :
  • Grade I: wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II: wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III: wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan)
  • Grade IV: wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penangannya. 

Kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah umum atau bedah digestif untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut kami juga sertakan artikel berjudul: Tujuh Cara Sehat Cegah Wasir.

Secara umum, fatty liver dapat disebabkan oleh alkohol, obesitas, diabetes mellitus, konsumsi obat kortikosteroid, hiperlipidemia, dll. Pada fatty liver yang tidak terlalu berat, terkadang tidak dibutuhkan penanganan apapun. Namun, kontrol berat badan, diet rendah lemak dan olah raga terkadang dapat memberikan hasil yang baik dan mengurangi perjalanan perkembangan fatty liver.

Selama kondisi fatty liver Anda terkontrol, maka tidak ada masalah dengan pekerjaan fisik yang cukup berat. Anda terlebih dulu perlu mengetahui apa yang menyebabkan kondisi fatty liver Anda dan menghindarinya agar tidak terjadi perburukan. Anda juga perlu menjalankan pola hidup sehat, dengan:

  1. Makan teratur  dan bergizi
  2. Istirahat cukup
  3. Olahraga (3-4x/minggu, @30 menit)
  4. Tidak merokok
  5. Jalani hidup dengan santai dan hindari stres

Anda juga perlu menghindari makanan-makanan berikut untuk menjaga kadar lemak dalam darah Anda terkontrol:

  • Hindari makan goreng-gorengan

  • Makanan dengan kandungan tinggi lemak

  • Hindari alkohol

  • Hindari makanan yang akan memperberat penyakit yang menjadi penyebab terjadinya fatty liver pada diri anda

  • Tingkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)


Salam,

 

Tim Redaksi Klik Dokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar