Sukses

Mengatasi Maag

19 Oct 2014, 05:53 WIB
Pria, 34 tahun.
dok,saya mau bertanya.. saya memang mmpunyai dftr rwayat magh kronis..yg saya ingin tanyakan, knpa ketika saya panik,byk pikiran, olahraga ringan, berjalan-jalan,telat makan,terkena panas matahari, jantung saya langsung berdetak kencang susah bernafas kepala mengambang.sya sering konsul ke dr sp jantung,hgga sp kejiwaan. mereka mengatakan jantung saya baik2 saja dan tidak ad yg slah didiri saya...sdh 2 th sya sprti ini. apkh ada solusi yg tepat..? terimakasih dokter..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Saya mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan.

Jantung yang berdebar disertai sulit bernafas dan kepala seperti melayang bisa saja disebabkan oleh kondisi asam lambung yang tinggi (maag). Benar Anda sudah periksa jantung dan paru-paru? Bila memang normal mungkin suatu keadaan fisik atau mental yang stres memicu peningkatan asam lambung Anda.  Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah : 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan 
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 
     

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Anda juga dapat mengkonsumsi obat-obatan anti-mual serta obat maag, namun kami sarankan agar anda periksa dahulu ke Dokter untuk menyingkirkan penyakit lain serta untuk mendapat pengobatan bila memang dengan modifikasi yang saya sebutkan diatas tetap masih ada keluhan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar