Sukses

Gatal Selama Kehamilan

19 Oct 2014, 21:38 WIB
Pria, 27 tahun.
Saya mau tanya dok. Saat ini, istri saya memasuki usia kehamilan yg ke-8 bulan. Setiap hari selalu mengeluh gatal2 disekitar bahu, punggung, bahkan sampai ke bokong & sekitar selangkangannya. Tapi, saya khawatir pada payudaranya, katanya gatal & saya lihat timbul bercak hitam. Menurut istri saya, itu karna sering digaruk dgn telapak jari2 tangannya. Apakah gatal2 tersebut pengaruh kehamilan? Apakah ada obat untuk kurangi gatal disekitar selangkangannya? karna kalo punggung sudah sering diberi bedak gatal. Apakah bercak hitam & gatal di payudara istri saya pengaruh terhadap produksi ASInya? Apakah gatal2 disekitar tubuh yg disebutkan tadi bisa hilang setelah melahirkan? Terima kasih atas jawabannya dok.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda,

 

 

Bapak, ibu gatal-gatalnya disebelah mana saja ya pak? dan bentuknya seperti apa? Apakah baru muncul sekarang atau dari trimester awal? Apakah awalnya ada riwayat alergi? 

 

Bila terjadi gatal yang kemerahan muncul awalnya di daerah perut dapat disebut dengan PUPP/PEP (Polymorphic Eruption of Pregnancy) sebenarnya sebagian besar kasus terjadi saat kehamilan, namun ada beberapa kasus dimana terjadi penyakit ini setelah kehamilan. Penyebabnya sampai saat ini belum diketahui namun dikaitkan dengan penmabahan berat badan saat kehamilan, jumlah anak, dan hormonal. Gatal ini dapat menyebar hingga ke badan, dan jarang sekali mencapai wajah. Gatal ini mirip bentuknya dengan alergi maupun alergi obat. Gatal ini tidak berpengaruh terhadap ASI pak. Gatal ini biasanya hilang setelah proses persalinan pak. 

Kami anjurkan bapak untuk konsultasi dengan dokter specialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan fisik lebih lanjut dan pengobatan selanjutnya.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar