Sukses

Makanan Untuk Menangani Maag

19 Nov 2013, 14:18 WIB
Pria, 20 tahun.
kembung dan bising usus(2) terima kasih atas jawabannya,sebelumnya sudah saya periksakan ke sp.pd dan katanya saya terkena asam lambung,sebabnya saya sebelum tidur itu makan kekenyagan dan saya iseng2 tarik nafas dada,yang aku tanyakan apakah penyakit asam lambung ini memamng bikin kembung dan bising di usus dan apakah lama sembuhnya,dan makanan apa yang harus saya makan dan apa yang saya hindari? trism salam indonesia sehat sejahtera
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Salam sejahtera pak. 

Memang penaykit Maag yang disebabkan oleh peningkatan asam lambung dapat membuat keluhan kembung dan peningkatan bising usus. Untuk lama dari penyakit ini juga tergantung dari Bapak juga, bila pola hidup bapak sudah baik dan selalu menghindari pemicu maag maka kemungkinan besar dapat sembuh. Untuk mengatasi maag hal-hal yang Anda dapat lakukan adalah : 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan 
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 
     

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Anda juga dapat mengkonsumsi obat-obatan anti-mual serta obat maag. Apakah Anda sudah mendapatkannya? Namun memang disarankan agar konsumsi obat bila memang sudah berat dan tidak tahan pak.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar