Sukses

Kista Pada Kehamilan

20 Nov 2013, 13:06 WIB
Wanita, 25 tahun.
Selamat Pagi dok,, saya ingin bertanya dok saat ini saya merasa bahagia karena akhirnya saya hamil setelah hampir 1 th menikah, tp di usia kadungan saya 10 minggu saya di USG dibidan ternyata saya mempunyai kista yg sudah lumayan besar skitar 6cm, kata dokter anak saya sehat denyut jantung nya pun normal, yang saya tanya kan apakah dengan keadaan saya yg sekarang ini, aman kah untuk bayi saya dok, makanan apa saja yg harus saya hindari, apakah bisa mengecil kista saya karna dokter saya bilang untuk melahirkan harus cescar karena skalian pengankatan kista, jujur saya khawatir dengan kandungan saya, karena kehamilan ini saya nanti-nanti bersama suami, terima kasih dok mohon jawaba nya :)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda.


 

Kista yang ditemukan oleh dokter Anda mungkin merupakan suatu kista ovarium. Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau disebut juga sebagai kista fungsional.

Angka kejadian timbulnya kista pada wanita hamil mencapai 1:81 hingga 1: 1000. Terdapat beberapa jenis kista ovarium, namun pada dasarnya kista ini terbentuk akibat adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Gejala mulas yang dirasakan oleh istri Anda, dapat merupakan akibat dari kista, kehamilan, maupunakibat lain. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyebabnya memang lebih baik Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan Anda.

Pada ibu hamil, biasanya kista ovarium yang ditemukan adalah kista theca lutein  yang terjadi akibat peningkatan secara berlebihan hormon beta-human chorionic gonadotropin (bhCG). Banyak hal yang dapat menyebabkan produksi hormon ini berlebihan, antara lain adalah kehamilan kembar, kelainan sel dalam kehamilan, keganasan, dan lain sebagainya. Kista ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan menurunnya kadar hormon bhCG dalam darah saat usia kehamilan sudah semakin bertambah. 

Umumnya kista yang bersifat fungsional ini tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun. Namun bila memang membesar sewaktu cesar akan sekaligus diambil. Untuk makanan yang penting makanan sehat yang menjaga janin berkembang. Dan diusahakan agar selalu kontrol ke dokter secara rutin.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat (EA) 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar