Sukses

Efek Samping KB

20 Oct 2014, 00:46 WIB
Wanita, 28 tahun.
dok,pada bulan september lalu saya melahirkan anak ke dua.setelah masa nifas berhenti 2 hari saya langsung mens dan sesudahnya saya ikut kb suntik yang 3 bulan. menurut bidan yang menyuntik,saya tidak diperbolehkan hubungan badan selama 1 minggu. saya baru berhubungan badan di hari ke 9 pasca suntik tapi setelahnya saya kok pendarahan hingga sampai sekarang,kurang lebih sudah 12 hari. apakah ini karena saya tidak cocok menggunakan kb suntik atau hal lainnya dok,mohon penjelasannya. terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda,

Kami memahami keluhan yang Anda rasakan. 

Efek samping dari penggunaan KB tersebut bermacam-macam seperti meningkatkan berat badan karena nafsu makan yang meningkat, lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu, peningkatan berat badan, rambut rontok, tulang menjadi keropos, kelainan metabolisme lemak, ketidakteraturan menstruasi termasuk menometroragi (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea (1 tahun pertama).

Kemungkinan besar pendarahan Anda disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, namun oleh karena pendarahan sudah kurang lebih 12 hari kami menganjurkan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar