Sukses

Kesemutan Pada Tangan

19 Nov 2013, 21:02 WIB
Pria, 45 tahun.
dok, -saya saat ini terus2 kesemutan di ujung2 jari kanan dan kiri sudah sekitar 1 bulan. -sebelum2nya saya kalo bawa motor tangan kanan suka kesemutan, kram dan pegal kira2 sdh 6 bulan -lalu kira2 3 hari yg lalu ada benjolan seukuran kuku dilengan bawah jempol kiri saya. -trus dikaki kiri, di punggung kaki, kalau diusap2 berasa bebal dan kalo usap urat nadi diantara jempol dan jari manis kaki kiri, serasa ada setrum dijari jempol. -tambahan saya -sering buang air kecil tapi tidak saat tidur malam, -sering susah BAB, -suka cepat ngantuk, letih,lesu -mata seperti ada lapisan yg bikin pandangan kabur/buram, -trus kalo nengok kekanan 45" serasa ada sedikit sakit dileher atas pundak bagian belakang -saya juga pernah beberapakali muncul beberapa benjolan kecil seperti cacar di kelamin tapi jarang terakhir muncul kira2 8 bulan lalu. kira2 saya kesemutan karna sakit apa ya dok? terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Rasa kesemutan di tangan kemungkinan besar disebabkan oleh kelainan pada saraf pada tangan. Kelainan saraf ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti ada proses penjepitan saraf di tangan, ada proses degeneratif seperti peradangan pada tulang (entah artritis rheumatoid atau osteoarthritis) yang dapat menekan saraf, ada penyakit yang menyebabkan kelainan pada saraf seperti kencing manis (diabetes melitus), tiroid, gangguan aliran darah atau ada kekurangan dari kadar elektrolit (zat-zat ion di dalam tubuh).  Atau dapat juga disebabkan oleh infeksi, kelainan pada darah, tulang ataupun otot. 

Untuk mengetahui penyebab dari kesemutan bapak, selain dibutuhkan pemeriksaan tubuh yang lengkap diperlukan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah atau foto radiologi. Jadi, kami sarankan agar Bapak konsultasi ke Dokter Specialis Saraf untuk penanganan lebih lanjut. Namun untuk sementara Bapak dapat mengkonsumsi multivitamin B1 B6 dan B 12. Serta beberapa hal yang dapat bapak lakukan ada mengistirahatkan tangan saat terjadi semutan. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar