Sukses

Kekakuan Pada Sendi dan Nyeri Telapak Kaki

19 Oct 2014, 10:34 WIB
Wanita, 44 tahun.
Dok... baru baru ini saya suka terbangun malam hari, karena jari saya terasa kaku. Setelah saya urut urut dan saya gerak gerakan sebentar baru jari kembali lemas. Kemudian telapak kaki saya kalo pertama jalan setelah bangun pagi terasa sakit. Kira kira apa sih penyebabnya ?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Kekauan jari yang Ibu alami kemungkinan besar disebabkan oleh penyakit radang sendi (rheumatoid arthritis). Untuk informasi mengenai penyakit ini lebih lanjut, Ibu bisa baca artikel kami berjudul "Artritis Reumatoid (Rematik)". Oleh karena pada keadaan hiperkolestrol biasanya tidak didapatkan gejala berupa kekauan pada sendi atau nyeri pada telapak kaki. Untuk mendiagnosa apakah Ibu ada kolestrol atau tidak, Ibu juga dapat lakukan pemeriksaan darah berupa pemeriksaan kadar kolestrol total, LDL, HDL dan Triglyserida. 

Untuk nyeri pada telapak kaki setelah bangun tidur kami menduga bahwa telah terjadi peradangan pada jaringan ikat yang menghubungkan antara jari-jari kaki dengan daerah tumit. Hal ini disebut dengan plantar fasciitis. Hal ini seringkali disebabkan karena aktivitas yang berlebih atau sepatu yang kurang cocok. 

Sementara waktu Ibu dapat menggunakan sepatu yang ergonomis untuk pada kaki Ibu, merendam dalam air hangat dan mengistirahatkan kaki Ibu dengan mengurangi aktivitas yang mengharuskan Ibu banyak berjalan atau berlari. Ibu juga dapat mengonsumsi obat-obatan anti nyeri yang dijual bebas atau menggunakan salap/gel anti nyeri yang dijual bebas untuk mengurangi rasa nyeri.

Kami menyarankan bila memang sangat menggangu agar Ibu konsultasi ke dokter sepcialis orthopedi untuk kedua penyakit Ibu, sebab biasanya diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan fisik dan penunjang yang tepat untuk mendiagnosa kedua penyakit ini.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar