Sukses

DSA

21 Nov 2013, 12:50 WIB
Pria, 60 tahun.
Yth dokter. Terima kasih atas jawaban yang diberikan mengenai DSA (digital substraction angiography). Lebih lanjut, disampaikan bahwa stroke yg menimpa saya 7 bln lalu adalah iskemik dan recovery sudah lumayan baik. Hanya masih ada rasa sedikit sempoyongan dan badan sebelah kanan terasa panas. Dokter syaraf menyatakan bisa DSA. Saya ingin tahu apa DSA bisa memperbaiki atau menyembuhkan? Terima kasih. Salam.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

DSA atau digital substraction angiography merupakan suatu teknik radiologi intervensi untuk memasukkan kontras ke dalam pembuluh darah. Penatalaksanaan stroke dengan tindakan reperfusi bergantung dari kondisi masing-masing pasien. 

Pada kasus stroke iskemik yang luas, setiap menit tindakan reperfusi ditunda, 2 juta sel saraf mati. Pada suatu studi menunjukkan, pada setiap 100 pasien yang ditangani dengan tindakan intravena, setiap 10 menit keterlambatan tindakan reperfusi, 1 pasien menunjukkan angka kecacatan yang tinggi.


Sehingga untuk melakukan tindakan reperfusi, dianjurkan pasien untuk datang ke rumah sakit dalam kurun waktu 60 menit sejak kejadian, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan dapat kembali dengan normal. Kurun waktu 1-3 jam semenjak kejadian itulah yang disebut dengan golden period.


Pada kasus stroke yang telah melewati fase akut seperti yang Anda alami, rasanya cukup sulit untuk kembali seperti normal sedia kala dengan tindakan tersebut karena telah banyaknya sel saraf yang sudah mati sejak golden period. Namun, kemungkinan untuk perbaikan masih dapat dimungkinkan dan Anda perlu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter saraf mengenai hal ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

 

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar