Sukses

Menghilangkan flek hitam

20 Nov 2013, 15:01 WIB
Wanita, 18 tahun.
selamat siang dokter, mau tanya nih, dikaki saya ada bekas luka dan vlek2 kecoklatan, mungkin bekas gigitan nyamuk. gimana sih cara ngilanginnya dengan cepat?. kata dokter di apotek nyari vitamin C yang ada liquidnya. yang benar gimana ya dok.? terimakasih sudah mau bantu :)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Flek-flek hitam yang timbul pada kulit dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya :

  • Pertambahan usia.

  • Paparan sinar UV berlebih saat kulit sama sekali tidak memakai perlundungan (sunscreen). Saat terpapar tanpa perlindungan, kulit akan melindungi diri dengan memproduksi melatonin (sel-sel pigmen di kulit) berlebih. Melatonin ini selanjutnya akan membentuk noda-noda yang mengganggu penampilan

  • Dipicu oleh substansi psoralens yang terdapat dalam makanan seperti seledri, limau dan lobak. Saat mengonsumsi makanan ini, kulit akan semakin sensitif jika terpapar sinar matahari langsung.

  • Penggunaan lotion dan parfum yang mengandung bergamot oil, di area yang terpapar matahari.

Untuk menghilangkan flek-flek hitam ini, disamping menggunakan obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter kulit Anda, Anda juga harus menghindari faktor-faktor yang menjadi pemicu seperti yang telah disebutkan diatas. Selain itu konsumsi beberapa jenis vitamin yang mampu menghambat prose spenuaan kulit juga dapat membantu mempercepat hilangnya flek-flek hitam pada kulit, seperti penggunaan vitamin A (retinoid) di malam hari dan vitamin C di pagi hari sebelum menggunakan tabir surya. Untuk mendapatkan informasi mengenai penggunaan vitamin tersebut, anda dapat membaca artikel yang berjudul Kegunaan Vitamin Untuk Kulit.

Jika flek hitam tersebut tetap membandel meskipun telah diberikan dengan terapi-terapi tersebut maka anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit untuk dilakukan chemical peeling atau microdermabrasi atau laser.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar