Sukses

Memutihkan Gigi

19 Nov 2013, 11:31 WIB
Pria, 24 tahun.
dok bagai mana caranya memutihkan gigi dok,,???
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 Terima kasih atas pertanyaan Saudari.

 

Memutihkan gigi dalam dunia kedokteran gigi disebut bleaching, Prosedur ini menggunakan bahan kimia, dan yang paling sering digunakan adalah peroksida. Proses ini melibatkan reaksi oksidasi dan reduksi, di mana peroksida bertindak sebagai agen pengoksidasi. Karbamid peroksida tersedia dalam berbagai konsentrasi, mulai dari 3% hingga 15%. Dari hasil banyak penelitian diketahui bahwa konsentrasi yang paling aman sekaligus efektif adalah karbamid peroksida 10%.

Karbamid peroksida akan terurai menjadi hidrogen peroksida dan urea. Hidrogen peroksida inilah yang akan menghasilkan radikal bebas, yang akan bereaksi dengan molekul organik dalam email gigi. Dengan adanya reaksi ini, molekul organik yang berukuran besar dan berpigmentasi tinggi akan menjadi molekul berukuran lebih kecil dan lebih sedikit pigmen. Molekul kecil ini lebih sedikit merefleksikan cahaya. Hasil akhirnya gigi tampak lebih putih.

Macam- macam prosedur bleacing antara lain pada gigi yang nonvital atau sudah mati dan pada gigi vital. Perlu diingat, prosedur pemutihan gigi tidak dijamin manjur untuk semua kasus. Tidak semua perubahan warna pada gigi dapat diperbaiki dengan prosedur bleaching. Gigi dengan tetracycline stain berat mungkin warnanya bisa lebih terang tapi garis khas yang terlihat di permukaan gigi yang berubah warna akibat antibiotik ini tidak akan dapat dihilangkan. Gigi dengan fluorosis berat juga tidak dapat diperbaiki dengan bleaching

Demikian informasi yang da0pat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam

Drg. Arni Maharani.

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar