Sukses

Ketergantungan Kopi

21 Nov 2013, 20:18 WIB
Pria, 23 tahun.
permisi para dokter mau share ni saya kenapa y klo tidak konsumsi kopi dalam aktivitas dan berfikir itu malah bleng tapi klo konsumsi sedikit saja pada pagi hari serasa selalu memiliki ide cemerlang dan dalam aktivitas selalu semangat? padahal saya bukan perokok. apakah itu dari efek kafein dalam kopi y dok? soalnya bapak saya dulu termasuk pecandu kopi dan rokok yang parah tetapi beliau selalu semangat dalam aktivitasnya bila mengonsumsi kopi dan rokok tersebut
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Minum kopi selama berada dalam jumlah tertentu maka tidak ada masalah. Jumlah tersebut adalah 200 gram perhari atau setara dengan 2-3 cangkir kopi. Namun, ketergantungan terhadap kafein memang dapat terjadi. Kafein diserap melalui usus dan masuk ke dalam pembuluh darah dan kemudian menembus sawar darah otak.

Struktur kafein mrip dengan molekul yang ada di otak yaitu adenosin sehingga dapat menempel pada reseptornya di orak. Ketika adenosin menempel pada reseptornya, timbul rasa lelah. Ketika kafein memblok reseptor adenosin, kantuk hilang dan timbul energi tambahan. Bila kita minum kopi secara teratur, otak menjadi terbiasa/beradaptasi. Karena itu, bila konsumsi kafein dihentikan timbul gejala withdrawal, termasuk sakit kepala karena zat-zat kimia dalam otak berubah tiba-tiba. 

Namun, setelah 7 - 12 hari, gejala-gejala tersebut akan hilang dengan sendirinya. Sementara itu, Anda memang harus mengurangi konsumsi kafein secara bertahap (tidak langsung berhenti). Selain itu, cobalah mengganti kebiasan minum kopi dengan minuman lain seperti teh herbal atau bahkan air hangat. Minum obat penghilang rasa sakit untuk mengatasi sakit kepala yang timbul. Lakukan olahraga secara teratur, makan makanan yang sehat, serta cukup tidur. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar