Sukses

Gastritis Kronis atau GERD?

19 Oct 2014, 15:11 WIB
Wanita, 28 tahun.
Dokter saya mau tanya saya mempunyai penyakit gastritis kronis,saya udah menjalani endoskopi dan hasilnya terdapat luka di lambung, klep bagian bawah tidak berfungsi (tidak mau tutup). Saya udah minum obat tapi keluhan masih ada. Keluhan yg saya derita kalau malam hari perut kembung, sesak nafas, sendawa, susah tidur.Yg saya mau tanyakan yg saya derita gastritis kronis atau GERD dok? Saya udh pantang makan dan penyakit ini udah bertahun-tahun idak sembuh2 Terima kasih atas penjelasannya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat, 

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Dari keterangan yang Anda berikan, kemungkinan Anda memang mengalami kedua masalah tersebut: gastritis kronis dan GERD. Kemungkinan GERD dipikirkan karena Anda menginformasikan terdapat klep yang tidak berfungsi. Sedangkan kemungkinan gastritis kronis dipikirkan karena terdapat informasi luka di lambung yang sudah kronis. 

Gastritis memang memiliki beberapa penyebab diantaranya adalah infeksi bakteri H.pylori dan iritasi karena sebab lain. Namun, bakteri H. Pylori menimbulkan gambaran gastritis kronik yang nonerosif. Sedangkan gastritis erosif umumnya disebabkan oleh konsumsi lama obat-obatan anti-inflamasi non-steroid seperti aspirin dan ibuprofen, konsumsi alkohol, obat-obatan terlarang, stress dan radiasi. Karena itu tatalaksananya adalah menghindari pencetus-pencetus yang disebutkan di atas, termasuk kondisi stress. 

Obat apa saja yang Anda konsumsi? Cobalah diskusikan kembali dengan dokter Anda mengenai terapi yang diberikan dan pertimbangan perlu atau tidaknya diberikan antibiotika karena setiap pasien/kasus perlu penanganan yang berbeda-beda atau unik. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar