Sukses

Jari Bergetar & Sesak Napas

20 Oct 2014, 01:20 WIB
Pria, 22 tahun.
Dok, saya ingin bertanya, jari-jari saya suka bergetar-getar sendiri, yang paling sering tangan kiri karena saya kidal. Kadang-kadang saat jari-jari bergetar dada saya terasa sesak seperti nervous padahal tidak ada event sesuatu. Kenapa seperti itu terjadi?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Jari yang bergetar disebut juga dengan tremor. Tremor merupakan suatu gerakan kontraksi dan relakasi otot yang ritmis yang terjadi pada organ tubuh. Paling banyak tremor terjadi pada tangan. Banyak hal yang dapat menyebabkan tremor seperti : 

  1. Beberapa penyakit seperti kelainan saraf (multiple sclerosis, parkinson, beberapa penyakit degeneratif), gagal ginjal, hipertiroid, hypoglikemia, dan banyak lagi. 
  2. kelainan psikis seperti gugup, stres.
  3. Kurangnya tidur, terlalu capek, kurang beberapa jenis vitamin, kelebihan kopi dan soda. 

Anda juga mengeluhkan dada yang berdebar-debar. Tremor dan jantung terasa cepat dan berdebar-debar memang merupakan salah satu gejala hipertiroidisme. Tiroid merupakan salah satu organ yang berada di bagian tengah leher (di bawah jakun) dan menghasilkan hormon yang banyak berfungsi mengatur sirkulasi di dalam tubuh. 

Gejala-gejala lain hipertiroidisme mencakup:

  • Penurunan berat badan
  • Peningkatan nafsu makan
  • Merasa cemas atau iritabel
  • Banyak berkeringat
  • Perubahan pola menstruasi
  • Peningkatan sensitivitas terhadap panas
  • Perubahan pola gerakan usus (meningkat)
  • Pembesaran kelenjar tiroid
  • Merasa letih, otot lemas
  • Sulit tidur

Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda, perlu dilakukan pemeriksaan fisis serta pemeriksaan penunjang seperti laboratorium. Diskusikanlah dengan dokter yang merawat Anda mengenai keluhan yang Anda alami sehingga beliau dapat melakukan pemeriksaan yang menyeluruh. Karena penyakit seperti ini memerlukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu dan anda lekas sembuh.

Untuk sementara ada beberapa tindakan yang anda dapat lakukan seperti kurangi minum kopi, tidak mengkonsumsi alkohol, perbanyak istirahatkan tangan bila sudah tremor, dan mengkonsumsi vitamin untuk saraf seperti vitamin B 12, B 6. Bila memang semakin bertambah buruk, mungkin anda akan mendapat obat-obatan yang dapat mengobati tremor anda dari dokter. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat. (PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar