Sukses

Luka Sulit Sembuh: Diabetes?

18 Oct 2014, 13:07 WIB
Pria, 30 tahun.
Pagi dok... Sy punya nenek umurnya kurang lebih 85 thn dan dia punya luka di kaki dan lukanya nggak sembuh-sembuh dok...padahal sudah di bawa kedoter...apa termasuk nenek sy punya penyakit gula dok...trims sebelumnya atas jawabanya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Luka yang sulit sembuh memang dapat menjadi komplikasi diabetes atau gula darah yang tinggi (tidak terkontrol). Apakah nenek Anda memiliki gejala-gejala diabetes yang klasik? Untuk mendiagnosa diabetes ada beberapa kriteria, misalnya 

  • Gejala 3 P --> Polidipsi (byk minum), poliuri (banyak pipis) dan polifagi (byk makan) + dengan penurunan berat badan namun juga harus dilakukan pemeriksaan gula darah (pemeriksaan laboratorium). 
  • Atau tidak ada gejala namun hasil lab menunjukkan kondisi diabetes. 

Untuk itu, bila anda merasa khawatir kami menyarankan agar nenek anda melakukan pemeriksaan gula darah, seperti: 

  • Gula darah sewaktu 
  • Gula darah puasa ( 8 jam  puasa)
  • Gula darah 2 jam setelah makan
  • HbA 1C
Diagnosis diabetes melitus hanya dapat ditegakkan setelah terbukti dengan pemeriksaan gula darah. Kadar gula darah yang jelas mengindikasikan diabetes adalah yang berada dalam kisaran > 200 mg/dl untuk kadar gula darah sewaktu (GDS) atau >=126 mg/dl untuk kadar gula darah puasa (GDP). dan juga perlu diperiksa Kadar gula darah saat 2 jam setelah minum larutan glukosa 75 gram (2 jam post prandial/2jamPP). Bila kadarnya >=200 mg/dl maka dapat dipastikan nenek Anda menderita diabetes, kadar 140-199 mg/dl dikatakan nenek Anda menderita gangguan toleransi glukosa, dan kadar < 140 mg/dl menandakan bahwa nenek Anda tidak menderita kedua keadaan tersebut (normal). 

Namun, sebelum Anda melakukan pemeriksaan laboratorium ini, sebaiknya nenek Anda dibawa ke dokter untuk dievaluasi lebih lanjut, apakah memang terdapat kekecurigaan ke awah diagnosis diabetes melitus.  Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat. (PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar